Suntingan teks bait nazam Kitab Muhafadhatu Al Sibyaan: sebuah pendekatan filologis

Taufiq, Mirwan Akhmad and Wafa, Rimayul and Hasanah, Durrotul and Syaikhu, Ahmad and Bakhruddin, Mukhammad (2022) Suntingan teks bait nazam Kitab Muhafadhatu Al Sibyaan: sebuah pendekatan filologis. SULUK: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 4 (2): 5. pp. 128-137. ISSN 2714-7932

[thumbnail of 12+-+SULUK+Vol04_Ed02+2022+-+Taufiq.pdf] Text
12+-+SULUK+Vol04_Ed02+2022+-+Taufiq.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (491kB)

Abstract

Naskah-naskah Arab-Pegon berbahasa Jawa masih digunakan sebagai literatur di pesantren. Beberapa teks kuna berbahasa daerah tersebut merupakan karya kiai pengasuh pondok yang masih menggunakan wazan bahr bahasa Arab, kombinasi nazam unik bahasa Jawa dan bahasa Arab. Penelitian ini mengungkap naskah kitab Muhafadhatu al-Sibyaan karya Muhaimin bin Jamroh dan Zainudin Tamsir pada sisi konten, nilai yang terkandung dalam kitab tersebut. Pola penyajian tema-tema gramatika bahasa Arab dan relevansi penggunaannya dalam pendidikan bahasa Arab di era milenial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian filologi. Konsep dan langkah analisa menggunakan konsep kerja Edward Djamaris terkait penentuan sasaran penelitian, observasi pendahuluan, deskripsi naskah, transliterasi naskah, penyuntingan, penerjemahan teks, dan nilai-nilai kandungan naskah. Hasil penelitian ditemukan kolaborasi indah antara bahasa Jawa dan bahasa Arab; nazam berbahasa Jawa, wazan berpola bahasa Arab, bahar rajaz. Materi nazam bukan hasil terjemahan utuh namun cuplikan beberapa kitab klasik nahwu yang dipadu dengan nasehat-nasehat luhur kehidupan. Nazam ini lebih tepat diajarkan kepada anak-anak berasal dari suku Jawa. Nazam Jawa ini menunjukkan sumbangsih penulis untuk memenuhi pendidikan yang berbasis kearifan lokal dalam mengajarkan kaidah-kaidah bahasa Arab.

Item Type: Article
Additional Information: http://jurnalfahum.uinsby.ac.id/index.php/Suluk/article/view/679
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Taufiq, Mirwan Akhmad
mirwan@uinsby.ac.id
2014038501
Wafa, Rimayul
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Hasanah, Durrotul
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Syaikhu, Ahmad
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Bakhruddin, Mukhammad
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Muhafadhatu al Sibyaan; Arab-Pegon; pesantren; nazam Jawa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021407 Tahlil al-Nushush (Text Analysis)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200408 Linguistic Structures (incl. Grammar, Phonology, Lexicon, Semantics) > 20040899 Linguistic Structures not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040901 'Ilmu al-Nahw (Arabic Syntax and Grammar)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Dr.,MA. Mirwan Akhmad Taufiq
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:34
Last Modified: 15 Mar 2023 07:34
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2862

Actions (login required)

View Item
View Item