Luluk, Luluk firdausiyah and Nasa’i, Imam and Abu Bakar, M. Yunus (2022) Sistem Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Kepesantrenan di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang. Al-Muttaqin Jurnal Studi Sosial dan Ekonomi, 3 (1).
M Yunus Abu Bakar_Sistem Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Kepesantrenan Di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (255kB)
Abstract
Evaluasi adalah sistem pendidikan yang dilaksanakan secara sitematis dan terencana sebagai alat untuk menganalisis keberhasilan yang akan dicapai dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan Pondok Pesantren Darul ‘Ulum (PPDU) sangat sistematis yaitu sesuai dengan prinsip umum dalam evaluasi yaitu: valid, perorientasi pada kompetensi, berkelanjutan, menyeluruh, bermakna, adil dan objektif, menyeluruh, iklas, praktis,
dicatat dan akurat. Evaluasi pembelajaran dalam bentuk Ujian Akhir PPDU adalah kegiatan yang dilakukan oleh panitia yang telah ditetapkan oleh Majelis Pimpinan PPDU. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, metode yang digunakan studi lapangan langsung di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang. Sumber penelitian peneliti bersumber dari data primer dan skunder. Teknik pengambilan data diambil dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yaitu Evaluasi pembelajaran kurikulum kepesantrenan terbagi menjadi 2 yaitu pertama, ujian praktik yang terdiri dari ujian lokal (diselenggarakan oleh sekolah) dan pusat (diselenggarakan oleh kantor pusat) kedua, ujian tulis. Hasil evaluasi diperoleh santri/muqim dan siswa kampung/siska pada kelas akhir yang sekolah di Darul ‘Ulum berupa syahadah yang ditandatangani oleh Majelis Pondok Pesantren Darul ‘Ulum.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Luluk, Luluk firdausiyah UNSPECIFIED UNSPECIFIED Nasa’i, Imam UNSPECIFIED UNSPECIFIED Abu Bakar, M. Yunus elyunusy@uinsby.ac.id 2015036501 |
Uncontrolled Keywords: | Sistem; Evaluasi; Kurikulum Kepesantrenan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ummi Rodliyah |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 18:33 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 18:33 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2857 |