Penilaian acuan norma, penilaian acuan patokan, kriteria ketuntasan minimal di Madrasah Ibtidaiah An Nur Plus Junwangi Krian Sidorajo Jawa Timur

Pangastuti, Ratna and Munfaati, Kusnul (2018) Penilaian acuan norma, penilaian acuan patokan, kriteria ketuntasan minimal di Madrasah Ibtidaiah An Nur Plus Junwangi Krian Sidorajo Jawa Timur. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad - Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8 (2). pp. 202-217. ISSN 2723-004X

[thumbnail of Ratna Pangastuti_jurnal_Penilaian acuan norma.pdf] Text
Ratna Pangastuti_jurnal_Penilaian acuan norma.pdf

Download (658kB)

Abstract

Keberhasilan suatu lembaga selain harus didukung dengan perangkat pembelajaran yang lengkap, guru profesional, juga perlu adanya evaluasi untuk mengukur capaian dari suatu target pendidikan. Evaluasi tersebut dituangkan dalam bentuk Penilaian Acuan Norma (PAN), Penilaian Acuan Patokan (PAP), dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan menggunakan penelitian jenis deskriptif kuantitatif dan pendekatan classroom research selanjutnya dianalisis dengan rumus kuatitatif maka diperoleh hasil bahwa Penilaian Acuan Norma (PAN) merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengacu pada norma kelompok. Nilai yang diperoleh siswa dibandingkan dengan nilai siswa yang lain yang termasuk di dalam kelompok tersebut. Penilaian Acuan Patokan mengacu pada suatu kriteria pencapaian tujuan pembelajaran atau indikator pembelajaran yang telah dirumuskan sebelumnya. Tujuannya untuk mengukur secara pasti tujuan atau kompetensi yang ditetapkan sebagai kriteria keberhasilannya. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan acuan untuk menetapkan seseorang siswa secara minimal memenuhi persyaratan penguasaan atas materi pelajaran tertentu. Salah satu fungsi KKM adalah sebagai acuan bagi pendidik untuk menilai kompetensi siswa sesuai kompetensi dasar matapelajaran yang diikuti.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Pangastuti, Ratna
ratnapangastuti@hotmail.com
2003118103
Munfaati, Kusnul
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penilaian acuan norma; penilaian acuan patokan; kriteria ketuntasan minimal
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Pd.I Abdun Nashir
Date Deposited: 13 Jul 2022 05:20
Last Modified: 13 Jul 2022 05:20
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2626

Actions (login required)

View Item
View Item