Pangastuti, Ratna and Munfaati, Kusnul (2018) Penilaian acuan norma, penilaian acuan patokan, kriteria ketuntasan minimal di Madrasah Ibtidaiah An Nur Plus Junwangi Krian Sidorajo Jawa Timur. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad - Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8 (2). pp. 202-217. ISSN 2723-004X
Ratna Pangastuti_jurnal_Penilaian acuan norma.pdf
Download (658kB)
Abstract
Keberhasilan suatu lembaga selain harus didukung dengan perangkat pembelajaran yang lengkap, guru profesional, juga perlu adanya evaluasi untuk mengukur capaian dari suatu target pendidikan. Evaluasi tersebut dituangkan dalam bentuk Penilaian Acuan Norma (PAN), Penilaian Acuan Patokan (PAP), dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan menggunakan penelitian jenis deskriptif kuantitatif dan pendekatan classroom research selanjutnya dianalisis dengan rumus kuatitatif maka diperoleh hasil bahwa Penilaian Acuan Norma (PAN) merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengacu pada norma kelompok. Nilai yang diperoleh siswa dibandingkan dengan nilai siswa yang lain yang termasuk di dalam kelompok tersebut. Penilaian Acuan Patokan mengacu pada suatu kriteria pencapaian tujuan pembelajaran atau indikator pembelajaran yang telah dirumuskan sebelumnya. Tujuannya untuk mengukur secara pasti tujuan atau kompetensi yang ditetapkan sebagai kriteria keberhasilannya. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan acuan untuk menetapkan seseorang siswa secara minimal memenuhi persyaratan penguasaan atas materi pelajaran tertentu. Salah satu fungsi KKM adalah sebagai acuan bagi pendidik untuk menilai kompetensi siswa sesuai kompetensi dasar matapelajaran yang diikuti.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Pangastuti, Ratna ratnapangastuti@hotmail.com 2003118103 Munfaati, Kusnul UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Penilaian acuan norma; penilaian acuan patokan; kriteria ketuntasan minimal |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S.Pd.I Abdun Nashir |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 05:20 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 05:20 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2626 |