Hasanah, Lailatul and Syehotin, Sayyidah and Atho’illah, Akhmad Yunan (2021) Peran profesi guru dalam pengembangan Kurikulum Berwawasan Imtaq: studi pengembangan kurikulum di SMK Latifiyah Kalisat Jember. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 19 (2). pp. 434-445. ISSN 2598-8735
Akhmad Yunan Atho’illah_jrnal_Peran Profesi Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Berwawasan Imtaq.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (194kB)
Abstract
Penelitian ini berusaha untuk memfokuskan dan mencurahkan segenap pikiran dan wawasan dalam rangka melacak dan mengetahui: bagaimana peran guru dalam aspek perencanaan pengembangan kurikulum berwawasan Imtaq, bagaimana peran guru dalam aspek penerapan pengembangan kurikulum berwawasan Imtaq, dan bagaimana peran guru dalam aspek evaluasi pengembangan kurikulum berwawasan Imtaq, studi kasusnya di SMK Latifiyah Kalisat Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis. Dengan teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Subyek penelitian menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan bahan pertimbangan. Dan analisis datanya menggunakan reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi, keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Dalam penellitian tersebut dapat ditemukan beberapa kesimpulan bahwa Peran Guru pengembangan kurikulum berwawasan imtaq Di SMK Latifiyah : 1) Dalam aspek perencanaan sangat penting, dari perumusan penetapan tujuan diadakannya pengembangan kurikulum berwawasan imtaq, sarana prasarana, jadwal yang dilakukan setiap hari, sampai dengan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2) Dalam aspek penerapan menjadi yang utama menggunakan kurikulum 2013 yang lebih menekankan aspek afektif peserta didik, dengan menerapkan keagamaan bukan hanya saat pelajaran agama dan di dalam kelas saja tapi juga di luar kelas, penenaman akidah menjadi tugas utama yang harus guru tanamkan kepada siswa. 3) Dalam aspek evaluasi dilihat dari nilai peserta didik di dalam dan di luar kelas. Penilaian terhadap keaktifan dan afektif siswa menjadi yang utama. Evaluasi terhadapa guru juga dilakukan dari metode yang dipakai, cara penyampaian, media dan alat yang digunakan, karena guru adalah peran utama dalam proses pendidikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Hasanah, Lailatul lailatul.hasanah@gmail.com UNSPECIFIED Syehotin, Sayyidah sayyidah.mhi@gmail.com UNSPECIFIED Atho’illah, Akhmad Yunan yunan.athoillah@gmail.com 2005018101 |
Uncontrolled Keywords: | Peran guru; pengembangan kurikulum; wWawasan Imtaq |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Profesi Guru |
Depositing User: | S.Pd.I Abdun Nashir |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 18:10 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 18:10 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2588 |