Implementasi ultimate service dalam meningkatkan kepuasan dan literasi nasabah pada Bank Syariah Indonesia KC Surabaya Diponegoro

Adiningsih, Nurul Izzah and Rahayu, Riska Delta and Ningtyas, Riski Delta and Putriani, Sabella and Yudha, Ana Toni Roby Candra (2022) Implementasi ultimate service dalam meningkatkan kepuasan dan literasi nasabah pada Bank Syariah Indonesia KC Surabaya Diponegoro. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7 (1). pp. 62-91. ISSN 2527 - 6344; 2580 - 5800

[thumbnail of Ana Toni Roby Candra Yudha_Implementasi ultimate service dalam meningkatkan kepuasan dan literasi nasabah pada Bank Syariah Indonesia KC Surabaya Diponegoro.pdf] Text
Ana Toni Roby Candra Yudha_Implementasi ultimate service dalam meningkatkan kepuasan dan literasi nasabah pada Bank Syariah Indonesia KC Surabaya Diponegoro.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (336kB)

Abstract

Pelayanan prima yang diberikan bank kepada nasabahnya merupakan bagian penting dalam mendukung kepercayaan dan kenyamanan nasabah. Kualitas pelayanan yang baik tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan citra perusahaan saja namun juga untuk terciptanya loyalitas nasabah dan meningkatkan literasi nasabah dan masyarakat umum mengenai perbankan syariah. Studi ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan ultimate service di Bank Syariah Indonesia dalam meningkatkan kepuasan dan literasi nasabah tentang Bank Syariah Indonesia. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder yang kemudian di analisis secara deskriptif untuk memberikan gambaran detail terkait penerapan ultimate service di Bank Syariah Indonesia KC Surabaya Diponegoro berdasarkan konsep pelayanan prima A6 (Ability, Attitude, Appearance, Attention, Action, Accountability) telah berupaya untuk menerapkan pelayanan yang disebut ultimate service, dimana bank syariah tidak hanya sebagai transactional branch namun sebagai relation branch yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah. Customer service dapat bertindak sebagai financial advisor sekaligus sales officer yang memberikan kepuasan pelanggan dan literasi bagi nasabah. Ultimate service diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dalam memberikan kenyamanan dan kepercayaan serta meningkatkan literasi dan wawasan nasabah terhadap Bank Syariah Indonesia.

Item Type: Article
Additional Information: http://dx.doi.org/10.30651/jms.v7i1.10846
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Adiningsih, Nurul Izzah
-
-
Rahayu, Riska Delta
-
-
Ningtyas, Riski Delta
-
-
Putriani, Sabella
-
-
Yudha, Ana Toni Roby Candra
anatoniroby@uinsby.ac.id
2024018703
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah Indonesia; kepuasan nasabah; literasi; ultimate service
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis ISlam
Depositing User: Samidah Nurmayuni
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:35
Last Modified: 08 Jun 2022 07:35
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2489

Actions (login required)

View Item
View Item