Mierrina, Mierrina (2018) Intervensi religius Islam bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 8 (2). pp. 187-207. ISSN 25498738
Mierrina_Intervensi religius Islam bagi anak berkebutuhan khusus.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan intervensi religius Islam bagi anak berkebutuhan khusus, serta untuk mengetahui proses intervensi maupun orang-orang yang terlibat dalam melakukan intervensi religius Islam bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara yang dilakukan pada subyek dan significant other subyek, dan didukung oleh dokumentasi. Subyek penelitian adalah 2 orang anak Sekolah Dasar Inklusi, subyek pertama berusia 9 tahun dan terdeteksi Autis, selanjutnya subyek kedua berusia 8 tahun dan terdeteksi Keterlambatan Perkembangan Global. Hasil penelitian menunjukkan proses intervensi religius Islam yang diterapkan pada subyek memiliki kekhasan masing-masing berdasarkan karakteristik kebutuhan khusus subyek. Intervensi religius Islam penerapannya membutuhkan proses secara perlahan dan berulang, dengan berbasiskan pembiasaan dan permodelan oleh significant other subyek.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Mierrina, Mierrina mierrina@uinsby.ac.id 2013046803 |
Uncontrolled Keywords: | Intervensi religiusitas Islam; anak berkebutuhan khusus |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200203 Consumption and Everyday Life |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi |
Depositing User: | Samidah Nurmayuni |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 07:03 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 07:03 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2260 |