Afandi, Akhmad Jazuli (2019) Best practice pembelajaran toleransi: implementasi kajian tematik hadith al-Adyan bagi kerukunan umat beragama. Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 16 (1). pp. 65-76. ISSN 1907-7211; 2442-8078
Akhmad Jazuli Afandi_Best Practice Pembelajaran Toleransi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (580kB)
Abstract
Toleransi dalam Islam merupakan persoalan yang menarik dan penting untuk dikaji, karena banyak di kalangan umat Islam yang memahami toleransi dengan pemahaman yang kurang tepat. Oleh karena itu, diperlukan kajian yang mendalam tentang bagaimana sesungguhnya konsep toleransi dalam Islam. Khususnya konsep-konsep toleransi yang terdapat dalam hadith-hadith Nabi. Implementasi atas kajian terhadap hadis-hadis yang bertemakan hubungan antara muslim dengan non-muslim juga dapat mewujudkan rasa toleransi dan mampu memicu terjadinya sinkronisasi kehidupan antar umat beragama sehingga terciptalah suasana beragama yang rukun tanpa adanya intimidasi antar satu agama dengan agama lain. Toleransi dalam Islam bukan berarti bersikap sinkretis (proses perpaduan dari beberapa paham-paham atau aliran-aliran agama atau kepercayaan). Akan tetapi sikap toleransi dalam Islam merupakan sikap menghargai dan menghormati keyakinan dan agama lain di luar Islam, bukan menyamakan atau mensederajatkannya dengan keyakinan Islam itu sendiri. Jadi, ada batas-batas bersama yang boleh dan tak boleh dilanggar. Inilah esensi toleransi di mana masing-masing pihak untuk mengendalikan diri dan menyediakan ruang untuk saling menghormati keunikannya masing-masing tanpa merasa terancam keyakinan maupun hak-haknya.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/nuansa/article/view/2365 |
Creators: | Creators Email NIDN Afandi, Akhmad Jazuli jazz_ull@yahoo.com 201603301 |
Uncontrolled Keywords: | Tolerance; harmony; prophetic hadiths; interreligious relations |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220199 Applied Ethics not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat |
Depositing User: | Samidah Nurmayuni |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 08:29 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 08:29 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2245 |