Tolchah, Moch. (2020) Implikasi Filsafat Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perspektif Kuntowijoyo. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 11 (1): 4. pp. 1402-1431. ISSN Print ISSN : 2442-2401 Online ISSN : 2477-5622
Moch. Tolchah_Implikasi Filsafat Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perspektif Kuntowijoyo.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (250kB)
Abstract
Penulisan karya ilmiah ini dimaksudkan untuk mengkaji dan menganalisis konsep nilai-nilai profetik perspektif Kuntowijoyo dengan kerangka filsafat pendidikan, kemudian apa implikasinya bagi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam, sehingga diharapkan dapat menjadi sebuah alternatif kriteria bagi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di masa depan. Metode penulisannya menggunakan penelitian pustaka (library research), dengan pendekatan deskriptif analitis dan kritis; metode pengumpulan datanya: metode dokumenter, yaitu mencari data mengenai konsep pemikiran Kuntowijoyo tentang nilai-nilai profetik dalam karya-karya yang dihasilkannya; sedang analisis datanya dengan deduktif, induktif dan kontekstual. centered). Dalam segi pegembangan komponennya adalah, tujuan, materi, strategi dan evaluasi
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Tolchah, Moch. mochtolchah@yahoo.com 2005035301 |
Uncontrolled Keywords: | Impikasi; Nilai-nilai Profetik Kuntopwijoyo; Pengembangan kurikulum |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220312 Philosophy of Cognition 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Hary Supriyatno |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 06:38 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 06:38 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1799 |