Implikasi Filsafat Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perspektif Kuntowijoyo

Tolchah, Moch. (2020) Implikasi Filsafat Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perspektif Kuntowijoyo. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 11 (1): 4. pp. 1402-1431. ISSN Print ISSN : 2442-2401 Online ISSN : 2477-5622

[thumbnail of Moch. Tolchah_Implikasi Filsafat Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perspektif Kuntowijoyo.pdf] Text
Moch. Tolchah_Implikasi Filsafat Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perspektif Kuntowijoyo.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (250kB)

Abstract

Penulisan karya ilmiah ini dimaksudkan untuk mengkaji dan menganalisis konsep nilai-nilai profetik perspektif Kuntowijoyo dengan kerangka filsafat pendidikan, kemudian apa implikasinya bagi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam, sehingga diharapkan dapat menjadi sebuah alternatif kriteria bagi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di masa depan. Metode penulisannya menggunakan penelitian pustaka (library research), dengan pendekatan deskriptif analitis dan kritis; metode pengumpulan datanya: metode dokumenter, yaitu mencari data mengenai konsep pemikiran Kuntowijoyo tentang nilai-nilai profetik dalam karya-karya yang dihasilkannya; sedang analisis datanya dengan deduktif, induktif dan kontekstual. centered). Dalam segi pegembangan komponennya adalah, tujuan, materi, strategi dan evaluasi

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Tolchah, Moch.
mochtolchah@yahoo.com
2005035301
Uncontrolled Keywords: Impikasi; Nilai-nilai Profetik Kuntopwijoyo; Pengembangan kurikulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220312 Philosophy of Cognition
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Hary Supriyatno
Date Deposited: 17 Nov 2021 06:38
Last Modified: 17 Nov 2021 06:38
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1799

Actions (login required)

View Item
View Item