Membangun budaya literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menghadapi era revolusi industri 4.0

Alfin, Jauharoti (2018) Membangun budaya literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menghadapi era revolusi industri 4.0. PENTAS:Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 (2). pp. 60-66.

[thumbnail of Jauharoti Alfin_Membangun budaya literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menghadapi era revolusi industri 4.0.pdf] Text
Jauharoti Alfin_Membangun budaya literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menghadapi era revolusi industri 4.0.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (211kB)

Abstract

Literasi baru mencakup literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia. Proses pembelajaran bahasa Bahasa Indonesia pada hakekatnya adalah proses interaksi komunikasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan bahasa Indonesia dalam semua aspek fungsi meliputi berpikir, bernalar, berkomunikasi, sarana persatuan, dan budaya. Era Revolusi Industri 4.0 adalah zaman dimana kehidupan manusia menitikberatkan pada filosopi teknologi di era disrupsi. Implementasi teknologi, dunia maya, data besar, dan lainnya menjadi tantangan bagi generasi manusia saat ini. Literasi baru ini menitiberatkan pada praktik literasi data, teknologi, dan literasi manusia. Untuk mempersiapkan lulusan, keterampilan dasar diperlukan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang harus menguasai literasi baru secara rinci.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Alfin, Jauharoti
alfin@uinsby.ac.id
2006067301
Uncontrolled Keywords: Budaya literasi; pembelajaran Bahasa Indonesia; revolusi industri 4.0
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200516 Indonesian Literature
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200525 Literary Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Profesi Guru
Depositing User: Samidah Nurmayuni
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:47
Last Modified: 26 Oct 2021 14:08
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1650

Actions (login required)

View Item
View Item