Zainiyati, Husniyatus Salamah (2016) Desain pengembangan kurikulum IAIN menuju UIN Sunan Ampel: dari pola pendekatan dikotomis ke arah integratif multidisipliner-model Twin Towers. UIN Sunan Ampel Press Surabaya. ISBN 978-602-9239-44-7
Husniyatus Salamah Zainiyati_Desain Pengembangan Kurikulum IAIN Menuju UIN Sunan Ampel.pdf
Download (4MB)
Abstract
Kebutuhan untuk mengembangkan kurikulum integratif pada pendidikan tinggi islam disebabkan oleh adanya tuntunan keutuhan masyarakat dan perkembangan IPTEK. Karena itulah, dalam rangka mengintegrasikan ilmu-ilmu agama dan ilmu umum, IAIN Sunan Ampel memakai "Pendekatan Multidispliner dengan model Integrative Twin tower". Menurut Prof. Nur Syam, Rektor IAIN Sunan Ampel, bahwa menara kembar itu dihubungkan oleh jembatan yang saling bertemu. Jika tower yang satu berisi ilmu alam, ilmu social, ilmu budaya & humaniora, maka di tower yang satu berisi ilmu tafsir, ilmu hadis, ilu fiqh, ilmu tasawuf dan sebagainya. Dua pembidangan ilmu ini kemudian saling disapakan atau dihubungkan dengan jembatan pendekatan (apporoach) yang kemudian menghasilkan ilmu keislaman multidisipliner. Lebih jelasnya dalam era UIN, misalnya, Fakultas Syariah tidak boleh menolak untuk dimasuki mata kuliah baru yang mengandung muatan humanities kontemporer dan ilmu-ilmu sosial seperti, hermeneutik, cultural dan religious studies, HAM, filsafat ilmu, dan begitu seterusnya. dengan realitas sosial-kemasyarakatan dan realitaas sosial keagamaan yang begitu kompleks. Berdasarkan pemikiran tersebut, maka hasil penelitian tentang "Desain Pengembangan Kurikulum IAIN Menuju UIN Sunan Ampel:Dari Pola pendekatan Dikotommis Ke Arah Integratif Multidisipliner-ModelTwin Towers".
Item Type: | Book |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Zainiyati, Husniyatus Salamah husniyatussalamah@uinsby.ac.id 2021036901 |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum IAIN; kurikulum UIN; pendekatan dikotommis; pendekatan integratif multidisipliner; model Twin Towers |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021411 I'dad al-Mawad (Instructional Design) |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Samidah Nurmayuni |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 06:54 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 06:54 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1601 |