Negara, Ideologi dan Pendidikan dalam pandangan Antonio Gramsci dan Louis Althusser

Anshori, Isa (2009) Negara, Ideologi dan Pendidikan dalam pandangan Antonio Gramsci dan Louis Althusser. HALAQA: Jurnal Kependidikan dan KeIslaman, 8 (1). pp. 57-66. ISSN 1412-9302

[thumbnail of Isa Anshori_Negara, Ideologi dan Pendidikan dalam Pandangan Gramcy dan Althusser.pdf] Text
Isa Anshori_Negara, Ideologi dan Pendidikan dalam Pandangan Gramcy dan Althusser.pdf

Download (4MB)

Abstract

Antonio Gramsci dan Louis Althusser melihat negara sebagai institusi kekuasaan, ideologi dan pendidikan sebagai alat kekuasaan. Bedanya Gramsci melihat penguasa negara melalui "hegemoni", yakni pendudukan ide, nilai, pemikiran, dan sebagainya. Sedangkan Althusser melihat penguasaan negara melalui mekanisme "represif" dan "ideologis". Hubungan keduanya bisa dilihat pada cara kerja RCA dan ISA sebagimana yang dikemukakan oleh Althusser. Hegemoni berjalan melalui logika perangkat negara ideologis (ISA) dan perangkat negara represif (RSA). Gramsci melihat pendidikan sebagai salah satu alat organiser bagi hegemoni, demikian halnya Althusser melihat pendidikan sebagai perangkat negara yang ideologis (ISA) paling efektif untuk melaksanakan fungsi negara.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Anshori, Isa
isaanshori67@gmail.com
2006056701
Uncontrolled Keywords: Negara; Ideologi; Pendidikan
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160808 Sociology and Social Studies of Science and Technology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Prodi Sosiologi
Depositing User: Abdun Nashir
Date Deposited: 15 Oct 2021 09:13
Last Modified: 15 Oct 2021 09:13
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1529

Actions (login required)

View Item
View Item