Salik, Mohamad (2012) Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Pendidikan Islam. Dwi Pustaka Jaya, Sidoarjo. ISBN 978-602-7761-14-8
Mohammad Salik_Sejarah Perumbuhan dan Perkembangan Pendidikan Islam.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Buku ini menguraikan tentang sejarah pertumbuhan dan perkembangan pendidikan yang terjadi pada periode klasik dan periode pertengahan yaitu sejak masa Nabi Muhammad Saw., Dinasti Umayah, Dinasti Abbasiyah sampai pada masa berkembangnya tiga kerajaan besar yaitu kerajaan Turki Usmani, kerajaan Safawi dan kerajaan Mughal. Adapun Pembahasan dalam buku ini lebih menonjolkan pada perkembangan pendidikan Islam pada masingmasing dinasti atau kekuasaan. Maksud dari penulis adalah agar para pembaca bisa mengetahui secara lebih rinci mengenai bagaimana dan apa saja prestasi yang telah dicapai pada masing-masing dinasti atau kekuasaan Islam dalam pcngembangan pendidikan. Namun demikian urutannya tetap mengacu pada periodisasi sejarah pendidikan Islam yang biasa berlaku. Tujuan dari penulisan buku ini adalah untuk ikut serta memcnuhi kcbutuhan bahan bacaan yang digunakan terutama bagi para mahasiswa di perguruan tinggi Islam. Oleh karena itu, buku ini disusun dengan mendasarkan pada kurikulum yang ada pada perguruan tinggi Islam. Akan tetapi karcna materi dalam buku ini mencakup banyak hal mengenai dinamika perkcmbangan pendidikan Islam, maka buku ini bisa digunakan sebagai bahan bacaan bagi para peminat studi keislaman
Item Type: | Book |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Salik, Mohamad salik_mohamad@yahoo.com 2012126702 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam; Sejarah Pendidikan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Hary Supriyatno |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 00:51 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 06:53 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1291 |