Open and distance learning: peluang dan tantangan dalam pelayanan pendidikan

Rusydiyah, Evi Fatimatur (2014) Open and distance learning: peluang dan tantangan dalam pelayanan pendidikan. Al Hikmah - Jurnal Ilmu Dakwah dan Pengembangan Masyarakat, 12 (1). pp. 61-72. ISSN 1907-4328

[thumbnail of Evi Fatimatur Rusydiyah_Open and Distance Learning.pdf] Text
Evi Fatimatur Rusydiyah_Open and Distance Learning.pdf

Download (723kB)

Abstract

Di era teknologi komunikasi dan inforrnasi, dunia pendidikan semakin mendapat tantangan sekaligus peluang. Salah satunya ditandai dengan munculnya praktik Pembelajaran Terbuka dan Jarak Jauh. Model pembelajaran ini mensyaratkan pelakunya, baik institusi maupun peserta didiknya, untuk memiliki infrastruktur yang dibutuhkan. Persiapan dan perencanaan program lengkap dengan perangkatnya serta memerlukan waktu dan biaya yang cukup banyak. Selain itu, kondisi geografis yang berbeda-beda juga mempengaruhi pembelajaran model ini. Seperti diketahui bahwa banyak wilayah pedalaman di Indonesia yang tidak dapat mengakses internet secara cepat dan tepat. Di sini, Pembelajaran Terbuka dan Jarak Jauh justru akan mnenjadi penyebab lahirnya diskriminasi dalam pemerataan pendidikan yang seharusnya menjadi landasan dalam penyelenggaraan pembelajaran. Ada kesan hanya pescrta didik dari kalangan menengah dan atas yang bisa belajar dan mengakses internet secara mudah. Tulilisan ini secara khusus membahas tentang pengertian Peembelajaran terbuka dan Jarak Jauh, prinsip-prinsip, serta peluang dan tantangannya.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Rusydiyah, Evi Fatimatur
evifatimatur@uinsby.ac.id
2027127301
Uncontrolled Keywords: Layanan pendidikan; pendidikan jarak jauh; pembelajaran terbuka
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Abdun Nashir
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:02
Last Modified: 29 Sep 2021 06:02
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1271

Actions (login required)

View Item
View Item