Alwy, Susiati (2012) Bimbingan dan konseling kelompok. IAIT Press, Kediri. ISBN 978-979-18633-5-4
Susiati Alwy_Bimbingan dan konseling kelompok.pdf
Download (14MB)
Abstract
Dalam konseling kelompok kedua pihak harus bekerja sama agar masing-masing dapat memahami diri dan permasalahannya serta mampu mengembangkan potensi positif dalam dirinya, sehingga klien dapat memecahkan permasalahannya didalam kelompok, tentu atas bantuan dari konselor. Karena itu seorang konselor yang bekerja dibidang interaksi antar manusia harus dilengkapi dengan ilmu penunjang lain misalnya: psikologi, sosiologi, ilmu pendidikan, dan ilmu-ilmu lain yang bersinggungan dengan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Konselor harus memiliki keterampilan koseling yaitu menguasai teknik-teknik konseling di setiap tahapan proses konseling: tahap awal, tahap pertengahan, tahap akhir. Tujuan diadakan tahap-tahap dalam proses konseilng agar koselor dapat memantau atau mengetahui sampai dimana kemajuan konseling yang dilakukannya. Dalam setiap konseling ada teknik tertentu dan tujuan yang harus dicapai, maka konselor harus mampu menangkap permasalahan klien dalam kelompok secara definitif sesuai dengan pernyataan klien dan bahasa isyarat yang diajukan klien. Selanjutnya dari masalah klien itulah konselor mendalami dan memahami permasalahan klien hingga tuntas yakni: klien menurunkan kecemasannya, klien mampu memecahkan masalahnya, klien mampu membuat rencana masa depan setelah melewati masa-masa sulit. Konselor selama menangani permasalahan yang dihadapi klien secara kelompok, konselor harus mampu membaca perilaku masing-masing klien dalam kelompok tersebut misalnya: bahasa tubuh, isyarat, cara duduk, mimik mukanya dan lain sebagainya. Perilaku klien akan membantu konselor daJam ikut memecahkan permasalahan yang dihadapi klien tersebut. Banyak masalah-masalah yang dihadapi klien terutama siswa di sekolah menjadi prioritas penanganan konselor secara intensif, agar mereka dapat menyelesaikan studinya sampai tamat. Karena banyak tetjadi permasalahan yang mereka hadapi tidak bisa tuntas, sehingga mereka merasa cemas, gundah, ragu-ragu dan tidak menentu dalam mengahdapi hidup. Saya berharap buku ini dapat bermanfaat dan dapat membantu konselor terutama, dan para mahasiswa Bimbinghan Konseling serta calon guru, untuk membantu klien maupun siswanya secara optimal dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya, sehingga bisa mencapai tujuan yang diharapkan oleh mereka dan bisa merencanakan hidup di masa depan yang cerah
Item Type: | Book |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Alwy, Susiati susiatialwy@gmail.com 2010125603 |
Uncontrolled Keywords: | Belajar kelompok; bimbingan kelompok; konseling kelompok |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi |
Depositing User: | Hary Supriyatno |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 22:38 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 23:29 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1234 |