Anshori, Isa (2007) Akreditasi Sekolah: formalitas atau realias? Khazanah (13). p. 9. ISSN 0853-4535
Isa Anshori_Khazanah Akreditasi Sekolah Formalitas atau Realitas.pdf
Download (1MB)
Abstract
Formalitas atau Realitas? Ini merupakan dua pertanyaan yang sering muncul dari siapa saja yang terlibat dalam proses akreditasi. Bagi yang mengganggap akreditasi sekolah/madrasah formalitas, mereka cenderung tidak melakukan dengan sungguh-sungguh, tidak menyiapkan secara matang. Namun bagi yang menyadari sebagai realitas, mereka melakukan dengan sungguh-sungguh, secara matang. Akreditasi sekolah/madrasah sebenarnya merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan dan kinerja satuan dan/atau program pendidikan, dilakukan sebagai akuntabilitas publik. Alat regulasi diri (self regulation), agar mengenal kekuatan dan kelemaahan, sehingga bisa melakukan perbaikan-berbaikan secara kontinyu. Dengan kata lain, akreditasi sekolah/madrasah memiliki tiga fungsi, yakni sebagi pengetahuan, akuntabilitas, pembinaan dan pengembangan.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Anshori, Isa isaanshori67@gmail.com 2006056701 |
Uncontrolled Keywords: | Akreditasi sekolah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Prodi Sosiologi |
Depositing User: | Aris Hamidah |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 02:44 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 02:44 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/898 |