Strategi pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi perpustakaan: studi analisis persepsi pemustaka tentang efektifitas pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi layanan Perpustakaan UIN Sunan Ampel

Supriyatno, Hary (2019) Strategi pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi perpustakaan: studi analisis persepsi pemustaka tentang efektifitas pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi layanan Perpustakaan UIN Sunan Ampel. Indonesia Journal of Academic Librarianship, 3 (3). pp. 33-45. ISSN 2597-9957

[thumbnail of Hary Supriyatno_Strategi pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi perpustakaan di Perpustakaan UIN Sunan Ampel.pdf] Text
Hary Supriyatno_Strategi pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi perpustakaan di Perpustakaan UIN Sunan Ampel.pdf

Download (870kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media sosial apa saja dan stategi yang digunakan Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya dalam upaya penyebaran promosi layanan. Sekaligus mengetahui persepsi mahasiswa tentang efektifitas pemanfaatan media sosial sebagai sarana penyebaran promosi layanan di Perpustakaan UIN Sunan Ampel. Pemanfaatan media sosial dalam promosi jasa, layanan, dan produk perpustakaan bisa dikatakan sangat efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan media online dengan kemudahan akses dimananpun dan kapanpun sangat digemari oleh generasi muda. Informasi dan promosi yang diberikan melalui media online/sosial akan dengan segera tersampaikan kepada pengguna sekaligus memberikan respon dalam waktu yang bersamaan. Fitur berupa like atau komentar inilah yag membuat media sosial menjadi lebih atraktif dan disukai oleh pengguna (friend/follower). Follower bisa memberikan saran, tanggapan, usulan bahkan konsultasi kepustakawanan melalui pesan pribadi. Adapun metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang pengumpulan datanya menggunakan observasi dan interview kepada akun media sosial dan pengelola akun (Administrator) dan penyebaran kuesioner kepada para follower/friend media sosial. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisa menggunakan skala linkert dan rumus sederhana p=f/nX100% dan dikonsultasikan kedalam tabel kategori (buruk, sedang, baik, baik sekali). Hasil penelitian berdasarkan hitungan total angket yang disebar kepada seratus pemustaka diperoleh angka 2831 dari kemungkinan total yang bisa diperoleh sebesar 3300. Angka ini seterusnya dimasukkan ke dalam rumus p=2831/3300X100% dan diperoleh hasil sebesar 85.7% yang berarti memiliki kategori baik sekali. Dengan demikian, media sosial baik sekali/efektif sekali digunakan sebagai sarana promosi perpustakaan di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Supriyatno, Hary
haryperpus@gmail.com
197811232009011010
Uncontrolled Keywords: Media sosial; promosi perpustakaan
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120110 Architecture of Building for Educational and Research Purposes > 12011004 Library Buildings
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Abdun Nashir
Date Deposited: 07 Sep 2021 13:09
Last Modified: 07 Sep 2021 21:52
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item
View Item