Rochmawati, Ida (2012) Optimalisasi peran madrasah dalam pengembangan sistem nilai masyarakat. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1 (2). pp. 161-172. ISSN 25482254 ; 20893833
Ida Rochmawati_Optimalisasi Peran Madrasah dalam Pengembangan Sistem Nilai Masyarakat.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (141kB)
Abstract
Lembaga pendidikan Islam memiiki peran ganda selain menyiapkan anak didik menguasai pengetahuan yang berguna bagi kehidupan masa depannya juga memiliki tanggung jawab sebagai wadah pembentukan karakter religius anak dalam mengarungi kehidupan sosial dan akheratnya kelak. Madrasah sebagaimana lembaga pendidikan Islam juga berperan dalam penanaman dan pengembangan nilai masyarakat. Adanya pergeseran nilai dan tuntutan modernisasi menyebabkan lembaga pendidikan terseret pada pragmatisme yang menekankan orientasi kelulusan anak didik semata. Tuntutan pragmatis ini seakan menepiskan tujuan utama menyiapkan anak didik menjadi manusia yang utuh: berilmu, beriman, punya kepekaan sosial dan berkarakter.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Rochmawati, Ida ida2rahma@Gmail.com 2123017602 |
Uncontrolled Keywords: | Madrasah; sistem nilai; masyarakat |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat |
Depositing User: | Aris Hamidah |
Date Deposited: | 27 Aug 2021 23:05 |
Last Modified: | 27 Aug 2021 23:05 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/805 |