Ahmad, Masyhudi and Muallifah, Chusnul (2012) Implementasi terapi eksistensial dalam mengatasi siswa rendah diri. JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM, 2 (2). pp. 59-78. ISSN 2088-9305 ; 2777-0532
Masyhudi Ahmad_Implementasi terapi eksistensial dalam mengatasi siswa rendah diri.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah pelaksanaan bimbingan konseling dengan terapi eksistesial, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keherhasilan pelaksanaan terapi eksistensial dalam membancu masalah siswa yang rendah diri karena kekurangan pada fisiknya, yaitu cacat tunanetra. Subyek penelitian ini adalah seorang siswi penyandang cacat tunanetra sejak lahir yang sekarang duduk di kelas IX di SMP Iskandar Said Surabaya yang mengalami rendah diri karena cacat tunanetra yang disandangnya. Instrumen pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan dari hasil penelitian ini adalah terdapat siswa yang merasa rendah diri dikamakan cacat fisik, dan setelah dilaksanakan terapi eksistensial siswa tersebut mengalami perubahan keranah yang positif, siswa mulai terbuka dalam bergaul dengan teman-temannya, tidak lagi mudah tersinggung, bisa menerima kekurangan yang ada pada dirinya. Serta dapat berfikir positif dalam menyelasaikan masalah yang dihadapi. Jadi, dapat disimpulkan dengan terapi eksistensial siswa yang rendah diri merasa terbantu. Yaitu siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar dan berteman dan juga dapat membantu perkembangan psikologisnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Ahmad, Masyhudi masyhudiahmad7@gmail.com 2022065601 Muallifah, Chusnul - - |
Uncontrolled Keywords: | Terapi eksistensal; siswa rendah diri; cacat Tunanetra; SMP Iskandar Said |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Abdun Nashir |
Date Deposited: | 29 Aug 2021 18:13 |
Last Modified: | 29 Aug 2021 18:13 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/794 |