Syaifudin, Mokhamad (2021) Penugasan Infografis sebagai upaya memupuk keterampilan 4c pebelajar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4 (3). pp. 233-328. ISSN 2615-8787
Mokhamad Syaifudin_Penugasan Infografis sebagai upaya memupuk keterampilan 4c.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (372kB)
Abstract
4C (Critical thinking, Creativity & Innovation, Collaboration, Communication)merupakan keterampilan abad 21 yang hendak dicapai dalam pembelajaran di kelaskelas dewasa ini. Ketercapaian ketrampilan ini salah satunya dapat difasilitasi melalui variasi pengalaman belajar yang diberikan oleh guru di kelas. Salah satu pengalaman belajar yang bisa diberikan ke pebelajar adalah penugasan membuat infografis. Sebuah bentuk penugasan yang terfokus pada komunikasi visual yang menarik dan memanfaatkan teknologi digital saat ini. Bentuk penugasan yang tentunya akan sangat
bermanfaat untuk memberikan nuansa variasi belajar khususnya juga di era pembelajaran daring saat ini. Banyak penelitian yang telah menunjukkan efektiftas infografis untuk mendukung kegiatan pembelajaran di dalam kelas, sehingga menarik untuk dikaji di sini. Pada artikel ini kajian secara konseptual terhadap potensi pencapaian ke empat keterampilan diatas, dijabarkan secara teoretis dan didukung dengan kajian pustaka yang relevan serta aktual
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Syaifudin, Mokhamad msyaifudin@gmail.com 2013107303 |
Uncontrolled Keywords: | Infografis; pengalaman belajar; critical thinking; creativity; collaboration Communication |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mokhamad Syaifudin |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 02:14 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 02:14 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/781 |