Model Ilhamq (model menghafal al Quran berbasis game) di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo

Noer, Syaifudin and Rusydiyah, Evi Fatimatur and Hamzah, Fachrizal (2020) Model Ilhamq (model menghafal al Quran berbasis game) di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo. Nusantara Journal of Islamic Studies (NJIS), 1 (2). pp. 1-10. ISSN 2745-9608; 2722-2535

[thumbnail of Evi Fatimatur Rusydiyah_Model model ilhamq (model menghafal al qur’an berbasis game) di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo.pdf] Text
Evi Fatimatur Rusydiyah_Model model ilhamq (model menghafal al qur’an berbasis game) di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (774kB)

Abstract

Usaha pelestarian dan pemeliharaan al-Qur’an pada dasarnya telah dilakukan sejak al-Qur’an diturunkan, yaitu melalui membaca dan menghafal. Hingga dewasa ini, bukan hanya pesantren, banyak sekolah dasar maupun menengah Islam telah menerapkan sistem pembelajaran menghafal al-Quran. Seperti halnya di SMP Insan Cendikia Mandiri Sidoarjo yang menggunakan model ILHAMQ sebagai salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran tahfidzul quran. Banyak orang belum mengetahui model menghafal metode ILHAMQ, dan bagaimana implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dan data diambil dari observasi maupun wawancara dengan koordinator tahfidz, instruktur ILHAMQ, dan para siswa serta perangkat pembelajaran lainnya. Dari sumber data yang diambil, dihasilkan bahwa model pembelajaran ILHAMQ merupakan gabungan dari konsep pembelajaran joyfull learning, collaborative learning dan teori pemrosesan informasi Gagne.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Noer, Syaifudin
-
-
Rusydiyah, Evi Fatimatur
evifatimatur@uinsby.ac.id
2027127301
Hamzah, Fachrizal
-
-
Uncontrolled Keywords: Menghafal al Quran; tahfidz; model ILHAMQ
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel
Depositing User: Samidah Nurmayuni
Date Deposited: 17 Aug 2021 15:00
Last Modified: 18 Aug 2021 01:16
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item
View Item