Noer, Syaifudin and Rusydiyah, Evi Fatimatur and Hamzah, Fachrizal (2020) Model Ilhamq (model menghafal al Quran berbasis game) di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo. Nusantara Journal of Islamic Studies (NJIS), 1 (2). pp. 1-10. ISSN 2745-9608; 2722-2535
Evi Fatimatur Rusydiyah_Model model ilhamq (model menghafal al qur’an berbasis game) di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (774kB)
Abstract
Usaha pelestarian dan pemeliharaan al-Qur’an pada dasarnya telah dilakukan sejak al-Qur’an diturunkan, yaitu melalui membaca dan menghafal. Hingga dewasa ini, bukan hanya pesantren, banyak sekolah dasar maupun menengah Islam telah menerapkan sistem pembelajaran menghafal al-Quran. Seperti halnya di SMP Insan Cendikia Mandiri Sidoarjo yang menggunakan model ILHAMQ sebagai salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran tahfidzul quran. Banyak orang belum mengetahui model menghafal metode ILHAMQ, dan bagaimana implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dan data diambil dari observasi maupun wawancara dengan koordinator tahfidz, instruktur ILHAMQ, dan para siswa serta perangkat pembelajaran lainnya. Dari sumber data yang diambil, dihasilkan bahwa model pembelajaran ILHAMQ merupakan gabungan dari konsep pembelajaran joyfull learning, collaborative learning dan teori pemrosesan informasi Gagne.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Noer, Syaifudin - - Rusydiyah, Evi Fatimatur evifatimatur@uinsby.ac.id 2027127301 Hamzah, Fachrizal - - |
Uncontrolled Keywords: | Menghafal al Quran; tahfidz; model ILHAMQ |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel |
Depositing User: | Samidah Nurmayuni |
Date Deposited: | 17 Aug 2021 15:00 |
Last Modified: | 18 Aug 2021 01:16 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/708 |