Syarif, Syarif and Kholis, Nur (2020) Keaktifan siswa dalam pembelajaran hafalan Al Quran menggunakan Zoom: studi pada siswa Kelas 8 SMP Ar Rahmah Malang. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11 (2). pp. 275-293. ISSN 20869118; 2528-2476
Nur Kholis_Keaktifan siswa dalam pembelajaran hafalan Al Quran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (780kB)
Abstract
Salah satu media yang banyak digunakan saat pandemi Covid-19 adalah aplikasi Zoom. Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa pembelajaran Online menggunakan platform konferensi seperti Zoom berdampak positif terhadap belajar siswa termasuk proses menghafal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap keaktifan siswa dalam pembelajaran hafalan Al-Qur’an menggunakan Zoom. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan dari lembar observasi selama pembelajaran, angket keaktifan yang diberikan setelah pembelajaran, dan wawancara tentang tanggapan siswa pada penggunaan Zoom dalam pembelajaran hafalan Al-Qur’an. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan menunjukkan total skor, persentase, atau rerata dari masing-masing jawaban responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat aktif, tetap termotivasi, dan mencapai tujuan belajar, dalam pembelajaran menggunakan Zoom. Kajian ini menyatakan bahwa pembelajaran hafalan Al-Qur’an dengan Zoom sama efektifnya dengan pembelajaran tatap muka. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran virtual layak digalakkan.apa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa pembelajaran Online menggunakan platform konferensi seperti Zoom berdampak positif terhadap belajar siswa termasuk proses menghafal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap keaktifan siswa dalam pembelajaran hafalan Al-Qur’an menggunakan Zoom. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan dari lembar observasi selama pembelajaran, angket keaktifan yang diberikan setelah pembelajaran, dan wawancara tentang tanggapan siswa pada penggunaan Zoom dalam pembelajaran hafalan Al-Qur’an. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan menunjukkan total skor, persentase, atau rerata dari masing-masing jawaban responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat aktif, tetap termotivasi, dan mencapai tujuan belajar, dalam pembelajaran menggunakan Zoom. Kajian ini menyatakan bahwa pembelajaran hafalan Al-Qur’an dengan Zoom sama efektifnya dengan pembelajaran tatap muka. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran virtual layak digalakkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Syarif, Syarif mts.hidayatullah.sorong@gmail.com - Kholis, Nur nurkholis@uinsby.ac.id 2011036701 |
Uncontrolled Keywords: | Hafalan Al Quran; keaktifan siswa; media Zoom |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel |
Depositing User: | Abdun Nashir |
Date Deposited: | 06 Aug 2021 10:33 |
Last Modified: | 06 Aug 2021 10:33 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/644 |