Meishanti, Ospa Pea Yuanita and Robingah, Binti and Muhibuddin, Anton and Kholid, Abd. (2021) Pelatihan pembuatan Hand Sanitizer (SANMAN) di Pondok Pesantren An Nashriyah Bahrul Ulum. Jumat PENDIDIKAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2 (1). pp. 41-48. ISSN 2774-7921
Abd Kholid_Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (911kB)
Abstract
Pandemi Covid-19 membuat para santri harus melakukan pembelajaran secara daring di pondok, sehingga selain pembelajaran perkuliahan dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain dengan pembuatan handsanitezer santri mandiri. Pondok pesantren AN– Nashriyah Tambaberas Jombang mengalami kendala dalam menerapkan cuci tangan. Kebanyaan santri malas untuk mencuci tangan karena mereka harus pergi ke kamar mandi untuk mencuci tangan. Hal ini yang menjadi acuan bahwa dengan adanya hand sanitizer ini santri – santri tetap bisa menjaga kesehatan tangannya walaupun dengan tidak pergi ke kamar mandi atau tempat cuci tangan. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi metode sosialisasi, praktek pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari. Hasil analisis keterlaksanaan yang dilakukan kegiatan pelatihan sangat baik dilaksanakan dengan 84 % dikarenakan kesehatan merupakan aspek penting yang dapat mempengaruhi kualitas hidup (quality of life) setiap individu.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Meishanti, Ospa Pea Yuanita ospapea@unwaha.ac.id - Robingah, Binti - - Muhibuddin, Anton - - Kholid, Abd. abd.kholiq@gmail.com 2002026501 |
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan; pembuatan handsanitezer; SanMan |
Subjects: | 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111717 Primary Health Care |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel |
Depositing User: | Abdun Nashir |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 16:10 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 16:10 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/475 |