Analisa kebutuhan: pijakan pengembangan program pendidikan di Perguruan Tinggi Islam

Kholis, Nur (1999) Analisa kebutuhan: pijakan pengembangan program pendidikan di Perguruan Tinggi Islam. Nizamia, 2 (3). pp. 20-30. ISSN 1410-7187

[thumbnail of 1999 Analisis Kebutuhan.pdf] Text
1999 Analisis Kebutuhan.pdf - Published Version

Download (441kB)

Abstract

Akhir-akhir ini terjadi pengurangan dan penambahan program pendidikan yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan tertentu. Upaya perubahan ini diarahkan untuk memenuhi kebutuhan klien pendidikan atau karena alasan internal lembaga tersebut, misalnya minimnya sumber daya manusia. Beberapa program studi di perguruan tinggi negeri umum dan agama terpaksa mengalami penyempitan karena berkurangnya minat mahasiswa. Disisi lain program studi baru itu lebih didasarkan pada keinginan lembaga, dan lebih parah lagi didasarkan asumsi-asumsi yang seringkali tidak akurat, bukan didasarkan pada kondisi realkebutuhan dan keinginan konsumen pendidikan. Di perguruan tinggi Islam (IAIN, STAIN dan afilisasinya), misalnya, program-program studi baru atau paket-paket program ditawarkan, yang namun penawarannya lebib didasarkan pada pop culture, dimana lembaga merasa "harus" menawarkannya karena lembaga lain menawarkan program tersebut. Lalu bagaimana dan kapan lembaga pendidikan menambah program baru pada program-program yang ada? Keputusan ini sangat penting bagi lembaga pendidikan.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Kholis, Nur
nurkholis@uinsa.ac.id
2011036701
Contributors:
Contribution
Name
Email
Author
Kholis, Nur
nurkholis@uinsa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; perguruan tinggi Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel
Depositing User: Dr. Nur Kholis
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:05
Last Modified: 29 Jul 2024 03:05
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3441

Actions (login required)

View Item
View Item