Peran Perpustakaan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di UIN

Supriyatno, Hary (2020) Peran Perpustakaan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di UIN. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 14 (2). pp. 87-101. ISSN 2746-6450

[thumbnail of Hary Supriyatno_Peran Perpustakaan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di UIN.pdf] Text
Hary Supriyatno_Peran Perpustakaan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di UIN.pdf

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu pendidikan di UIN Sunan Ampel dan peran perpustakaan dalam peningkatan mutu pendidikan di UIN Sunan Ampel Surabaya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yakni kajian mendalam tentang fenomena yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu untuk memperoleh data yang akan disajikan dan dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan kata-kata atau tulisan agar mudah dipahami berdasarkan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Hasil analisa penelitian menemukan bahwa: 1) mutu pendidikan di UIN Sunan Ampel memiliki kategori sangat baik, dengan dibuktikan terakreditasinya 58 program studi yang ada ermasuk prestasi akreditasi A oleh perguruan tinggi pada tahun 2019. Mutu terbaik lainnya adalah prestasi internasional yang diperoleh Journal of Indonesia Islam sebagai jurnal terbaik di lingkungan kementerian agama versi Scimagojr dan peringkat 62 perguruan tinggi terbaik se Indonesia versi Webometrics. Dari segi pendidikan diindikasikan dengan adanya tahapan proses rekrutmen mahasiswa dan pembelajaran dengan pendekatan integrated twin towers. Juga prioritas penelitian dengan focus kajian peralihan status dari institute menjadi universitas, terwujudnya World Class University, dan Community Engagement Project. Dan implementasi universitas sebagai Community Engagement dengan program Participatory Action Research (PAR), Asset Based Community Development (ABCD), Community Based Research (CBR) dan Service learning , melalui program KKN reguler dan non reguler. 2) Dengan sumber daya yang dimiliki, perpustakaan UIN Sunan Ampel memiliki peran dalam peningkatan mutu pendidikan di UIN Sunan Ampel. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi perpustakaan sekurangnya dalam empat dari sembilan kriteria akreditasi perguruan tinggi yaitu sarana dan prasarana, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Melalui sinergi sarana dan prasarana, koleksi, layanan, Pustakawan, dan program kegiatan yang ada di perpustakaan, menjadikan pendukung utama dalam terwujud nya Tridharma perguruan tinggi di UIN Sunan Ampel Surabaya. Kontribusi ini yang akhirnya menghasilkan prestasi dengan diraihnya status akreditasi A oleh perpustakaan sejak tahun 2015.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Supriyatno, Hary
haryperpus@gmail.com
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan; Mutu Pendidikan; Akreditasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel
Depositing User: Hary Supriyatno
Date Deposited: 20 Jul 2024 02:57
Last Modified: 20 Jul 2024 02:57
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3430

Actions (login required)

View Item
View Item