Signifikansi Maqamat dan Amalan pada pendidikan tasawuf dalam perubahan tingkah laku manusia

Mihmidaty, Mihmidaty (2014) Signifikansi Maqamat dan Amalan pada pendidikan tasawuf dalam perubahan tingkah laku manusia. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2 (1). pp. 52-87. ISSN 2527-4511

[thumbnail of Mihmidaty_artikel_Siqnifikansi Maqamat dan Amalan.pdf] Text
Mihmidaty_artikel_Siqnifikansi Maqamat dan Amalan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (363kB)

Abstract

Masyarakat dewasa ini cenderung mengikuti gaya hidup materialistic hedonistic. Pada umumnya kontak antar manusia atas dasar prinsip-prinsip fungsional, pragmatis, materialis. Manusia yang seperti itu ternyata tidak bahagia dan diliputi kegelisahan, sehingga terjadi kekeringan spiritual. Oleh karena itu sebagian manusia kembali kepada nilai-nilai keagamaan, cenderung ke arah spiritualisme. Pendidikan tasawuf merupakan alternatif untuk mengatasi masalah ini. Pendidiknya adalah seorang guru yang ma’rifat (mengenal rahasia Ketuhanan) yang diberi kemampuan oleh Allah SWT untuk membimbing jiwa menuju pada kedekatan dengan Allah SWT dan mencapai kebahagiaan yang hakiki, melalui ajaran maqamat dan amalan-amalan tertentu secara disiplin, sehingga dapat menimbulkan perubahan tingkah laku.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Mihmidaty, Mihmidaty
mihmidaty@gmail.com
0011095909
Uncontrolled Keywords: Maqamat; amalan; pendidikan tasawuf; tingkah laku
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: S.Pd.I Abdun Nashir
Date Deposited: 15 May 2024 08:29
Last Modified: 15 May 2024 08:29
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3371

Actions (login required)

View Item
View Item