Mihmidaty, Mihmidaty (2014) Signifikansi Maqamat dan Amalan pada pendidikan tasawuf dalam perubahan tingkah laku manusia. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2 (1). pp. 52-87. ISSN 2527-4511
Mihmidaty_artikel_Siqnifikansi Maqamat dan Amalan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (363kB)
Abstract
Masyarakat dewasa ini cenderung mengikuti gaya hidup materialistic hedonistic. Pada umumnya kontak antar manusia atas dasar prinsip-prinsip fungsional, pragmatis, materialis. Manusia yang seperti itu ternyata tidak bahagia dan diliputi kegelisahan, sehingga terjadi kekeringan spiritual. Oleh karena itu sebagian manusia kembali kepada nilai-nilai keagamaan, cenderung ke arah spiritualisme. Pendidikan tasawuf merupakan alternatif untuk mengatasi masalah ini. Pendidiknya adalah seorang guru yang ma’rifat (mengenal rahasia Ketuhanan) yang diberi kemampuan oleh Allah SWT untuk membimbing jiwa menuju pada kedekatan dengan Allah SWT dan mencapai kebahagiaan yang hakiki, melalui ajaran maqamat dan amalan-amalan tertentu secara disiplin, sehingga dapat menimbulkan perubahan tingkah laku.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Mihmidaty, Mihmidaty mihmidaty@gmail.com 0011095909 |
Uncontrolled Keywords: | Maqamat; amalan; pendidikan tasawuf; tingkah laku |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | S.Pd.I Abdun Nashir |
Date Deposited: | 15 May 2024 08:29 |
Last Modified: | 15 May 2024 08:29 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3371 |