Sitikno, Sitikno (2014) Manusia dalam konteks pedagogis. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2 (1). pp. 189-218. ISSN 2527-4511
Sutikno_artikel_Manusia dalam Konteks Pedagogis.pdf
Download (201kB)
Abstract
Secara pedagogis, manusia dipahami sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT untuk dididik dan mendidik. Oleh karena itu manusia itu sebagai subjek (pelaku) dan objek (sasaran) daripada pendidikan itu sendiri. Manusia adalah makhluk yang memiliki perasaan dan kepekaan luar biasa. Melalui pendidikan manusia dapat mengasah perasaan dan mencapai ilmu pengetahuan, melalui ilmu pengetahuan manusia dapat menciptakan sebuah kebudayaan. Oleh karena ilmunya, manusia menjadi orang yang mengetahui. Oleh karena banyaknya pengetahuan yang dimiliki manusia, maka iapun menjadi banyak dibutuhkan oleh manusiamanusia lain. Ketika manusia banyak dibutuhkan oleh manusia-manusia lain, maka posisinya pun menjadi terhormat. Kehormatannya akan mencapai derajat yang tinggi –baik di sisi Allah SWT maupun di sisi makhluk-Nyaapabila disertai dengan keimanan dan amal shaleh.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Sitikno, Sitikno nohsutik@yahoo.co.id 2006086803 |
Uncontrolled Keywords: | Manusia; ilmu; pedagogis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S.Pd.I Abdun Nashir |
Date Deposited: | 15 May 2024 07:37 |
Last Modified: | 15 May 2024 07:37 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3366 |