Asror, Moh and Abu Bakar, M. Yunus and Fuad, Ah. Zakki (2023) Modernisme Pendidikan Islam dalam Pemikiran Mahmud Yunus: Analisis dan Relevansinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Indonesia Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8 (1). ISSN (E-ISSN 2549-8770 – P-ISSN 2527-9610)
M. Yunus Abu Bakar_Modernisme Pendidikan Islam dalam Pemikiran Mahmud.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (430kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruk modernisme pendidikan Islam dalam pemikiran Mahmud Yunus dan relevansinya dalam peningkatan mutu pendidikan Islam Indonesia Era Society 5.0. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis konsep. Sumber data berupa karya asli Mahmud Yunus yang berjudul Pokok-Pokok Pendidikan dan Pengajaran dan jurnal atau buku-buku yang relevan dan dianalisis dengan content analysis. Pemikiran modernis Mahmud Yunus bahwa tujuan pendidikan Islam mempersiapkan peserta didik mengerjakan amalan dunia dan akhirat sehingga tercipta kebahagiaan. Kurikulum harus terpadu mencakup agama dan pengetahuan umum serta mengintegrasikan dengan bahasa Arab. Metode pembelajaran harus efektif dan efisien memperhatikan psikologi anak berbasis penanaman moral. Guru mengembangkan ilmu, memperbaiki kehidupan masyarakat, teladan, dan orangtua terhadap siswa. Kelembagaan pendidikan Islam berpengaruh dalam membentuk karakter anak, yaitu: rumah, sekolah, dan lingkungan. Implikasi pemikiran Mahmud Yunus dalam peningkatan mutu pendidikan di Era Society 5.0 pada kolektifitas sistem pendidikan untuk menjamin kualitas input, proses, output, dan outcome sekolah. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penerapan pemikiran Mahmud Yunus dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam masa depan
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Asror, Moh UNSPECIFIED UNSPECIFIED Abu Bakar, M. Yunus elyunusy@uinsby.ac.id 2015036501 Fuad, Ah. Zakki ah.zakki.fuad@uinsby.ac.id 2027047401 |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Depositing User: | Ummi Rodliyah |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 08:20 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 08:20 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3191 |