Aliwafa, Aliwafa and Taqiyah, Siti Zaimatut and Meliana, Chananak Nabila (2021) Buku Al Arabiyah Al Muashiroh karya Eckehard Schulz: stuid analitis, evaluatif dari aspek linguistik, psikologis, pedagogik dan kultural. Project Report. Lembaga Penelitian IAIN Sunan Ampel, Surabaya. (Unpublished)
Aliwafa_LaPen_Buku Al Arabiyyah Al Muasirah.pdf
Download (8MB)
Abstract
Salah satu permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan Islam adalah kurang tersediannya buku ajar yang baik, padahal ia ikut menentukan berhasil-tidaknya pembelajar dalam meraih kompetensi kebahasaan yang dibutuhkannya. Penelitian ini mempertanyakan bagaimana karakteristik isi buku al-‘Arabiyyah al-Mu’āṣirah karya Eckehard Schulz baik versi cetak maupun e-editio dan bagaimana kulitas buku tersebut dilihat dari aspek linguistik, psikologis, pedagogik, dan kultural. Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti melakukan penelitian dengan metode analisis isi (content analysis), yaitu dengan menganalisis bahan ajar bahasa Arab yang ada dalam buku tersebut dengan berpijak pada pendapat-pendapat para ahli bahasa yang membahas tentang aspek linguistik, psikologis, pedagogik dan kultural. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengodean (coding sheet) versi Rushdī Aḥmad Ṭu’aimah. Namun karena penelitian ini fokus untuk mengevaluasi bahan ajar tersebut dari aspek linguistik, psikologis, pedagogik dan kultural, maka pertanyaan dalam lembar pengodean tersebut diubah urutannya disesuaikan dengan urutan empat kategori aspek yang dimaksud. Setelah semua data yang dibutuhkan terkumpul, kemudian diberi interpretasi yang mengarah pada gambaran kualitas al-‘Arabiyyah al-Mu’āṣirah. Karakteristik isi buku al-‘Arabiyyah al-Mu’āṣirah yang versi cetak terlihat dari adanya penyajian qawa’id di awal dars, latihan terjemah dan tes kemampuan terjemah, kombinasi nama Arab dengan non-Arab, bahasa Indonesia sebagai pengantar, penonjolan identitas keislaman dan penyajian materi qirāah sebelum hiwār. Sedangkan karakteristiknya yang versi e-edition adalah tersedianya bahan ajar audio tidak saja untuk materi hiwar, tetapi juga untuk teks qirāah, contoh kalimat dalam pembelajaran qawa’id, istilah-istilah nahwu,kosakata baru yang terdapat dalam teks qirāah dan hiwār, disamping adanya 4 dialek. Adapun kualitas buku tersebut dilihat dari aspek linguistik, psikologis, pedagogik, dan kultural sangat layak dijadikan bahan ajar bahasa Arab, kecuali dalam hal tidak adanya harokat dan penggunaan bahasa Indonesia. Untuk menjamin bahan ajar bahasa Arab ke depan lebih baik, maka diperlukan penetapan dan pemanfaatan standar penyusunan bahan ajar yang mengintegrasikan keempat aspek tersebut secara komprehensif. Temuan teori dari penelitian ini adalah bahwa buku ajar yang penyusunannya didasarkan pada aspek linguistik, psikologis,pedagogik dan kultural dapat mengantarkan pembelajar mencapai kompetensi kebahasaan sebagaimana diharapkan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Aliwafa, Aliwafa aliw87870@gmail.com 2029016802 Taqiyah, Siti Zaimatut UNSPECIFIED UNSPECIFIED Meliana, Chananak Nabila UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Buku Ajar |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aliwafa Aliwafa |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 07:48 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 07:48 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3115 |