Menimbang kompetensi Sarjana Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel dalam bidang profesi keadvokatan: kajian terhadap desain kurikulum dan implementasi pembelajaran di Fakultas Syari'ah dan Hukum dalam menyiapkan SDM advokat

Ubaidillah, M. Hasan (2015) Menimbang kompetensi Sarjana Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel dalam bidang profesi keadvokatan: kajian terhadap desain kurikulum dan implementasi pembelajaran di Fakultas Syari'ah dan Hukum dalam menyiapkan SDM advokat. Project Report. LP2M UIN Sunan Ampel SUrabaya, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of Hasan Ubaidillah_LaPen_Menimbang kompetensi Sarjana Fakultas Syariah dan Hukum.pdf] Text
Hasan Ubaidillah_LaPen_Menimbang kompetensi Sarjana Fakultas Syariah dan Hukum.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Menimbang kompetensi Sarjana Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel dalam bidang Profesi Keadvokatan ; Kajian terhadap desain kurikulum dan implementasi pembelajaran di fakultas syari’ah dan Hukum dalam menyiapkan SDM advokat merupakan bentuk respon dari hasil redesain dan review kurikulum yang telah dilakukan oleh Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan ampel tahun 2013 yang lalu dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif untuk melakukan penyiapan SDM Lulusan Fakultas Syariah dan Hukum. Kajian dalam penelitian ini akan menjawab tiga pertanyaan mendasar yaitu; Bagaimana Desain kurikulum yang menjadi materi pengajaran di Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Ampel surabaya, Bagaimana formulasi silabi dan Implementasi dari Desain Kurikurun tersebut dalam sistem belajar mengajar di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabata dan Bagaimana dampak Desain kurikulum dan formulasi Silabi serta implementasinya dalam sistem belajar mengajar tersebut terhadap penyiapan SDM advokat. Untuk menjawab masalah tersebut kajian dalam penelitian ini menggunakan metodepenelitian kombinatif yaitu mengkombinasikan penelitian kepustakaan (library reseacht) karena akan menganalisis dokumen Desain Kurikulum Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Ampel Serta Penelitaian lapangan ( Field research ) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang berusaha untuk mengungkap Implementasi Desain Kurikulum tersebut dalam aspek pembelajaran hukum di Fakultas Syari’ah UIN Sunan Ampel. Hasil kajian penelitian ini menegaskan bahwa desain kurikulum pada fakultas Syariah dan hukum UIN Sunan Ampel Surabaya didasarkan pada paradigma integrated twin towers (menara kembar tersambung), sebagaimana yang menjadi paradigma baru pengembangan keilmuan UIN Sunan Ampeldengan pemenuhan kriteria model pendidikan integrasi keilmuan multidispliner. Formulasi silabi dalam setiap matakuliah yang dikuliahkan di Fakultas Syariah UIN Sunan Ampel dideskripsikan dan dijabarkan ke dalam silabus (standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator kompetensi) yang satu sama lain saling terkait, sehingga antar bagian terbentuk suatu jalinan integrasi kompetensi matakuliah.Integrasi kompetensi matakuliah tersebut diperlukan agar mahasiswa memiliki struktur pengetahuan dalam bentuk peta konsep (concept-map) atau peta kompetensi (competence-map) matakuliah yang baik dan sistemik. Dalam menyusun SAP, setiap dosen mengacu pada silabus yang telah dibuat sehingga materi yang disampaikan mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sedangkan dampak desain kurikulum dan formulasi Silabi serta implementasinya dalam sistem belajar mengajar telah sesuai dengan visi dan misi Fakultas Syariah dan hukum UIN Sunan Ampel Surabaya yaitu menyelenggarakan pendidikan yang profesional, berdaya saing dan berkepribadian Islam walaupun dalam tingkat aplikasinya harus ada penyesuaian agar dapat lebih sempurna

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
Creators
Email
NIDN
Ubaidillah, M. Hasan
ubaidillah.mhasan@uinsaby.ac.id
2005117901
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; pembelajaran; advokat
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: S.Pd.I Abdun Nashir
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:50
Last Modified: 11 Apr 2023 07:50
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3103

Actions (login required)

View Item
View Item