Penilaian sikap dalam pembelajaran Matematika

Kusaeri, Kusaeri (2019) Penilaian sikap dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 5 (2). pp. 61-70. ISSN 2656-4564

[thumbnail of Kusaeri_Penilaian sikap dalam pembelajaran Matematika.pdf] Text
Kusaeri_Penilaian sikap dalam pembelajaran Matematika.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (377kB)

Abstract

Pendekatan penilaian pembelajaran matematika di Indonesia terus mengalami perubahan, seiring dengan diberlakukanya Kurikulum 2013. Perubahan tersebut dipicu oleh kecenderungan bergesernya penilaian pembelajaran matematika pada tataran global. Penilaian untuk mengungkap aspek pengetahuan dan keterampilan, relatif tidak ada kendala bagi sebagian besar guru. Namun, yang banyak dikeluhkan adalah bagaimana mengembangkan instrumen penilaian aspek sikap. Tulisan ini mencoba mengulas teknik penilaian untuk aspek sikap yang mencakup penilaian melalui pengamatan (observasi), penilaian diri, penilaian antarteman, dan penilaian dengan jurnal.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Kusaeri, Kusaeri
kusaeri@uinsby.ac.id
2006077202
Uncontrolled Keywords: Penilaian sikap; matematika; sikap sosial; sikap spiritual
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010107 Mathematical Logic, Set Theory, Lattices and Universal Algebra
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel
Depositing User: Samidah Nurmayuni
Date Deposited: 29 Jun 2021 08:58
Last Modified: 29 Jun 2021 08:58
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/303

Actions (login required)

View Item
View Item