Nasaruddin, Nasaruddin (2018) Pembelajaran bahasa asing menurut al-Qur’an dan kontekstualisasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab di era digital. In: Seminar Nasional Literasi Bahasa dan Sastra Asing III 2018, 2018, UNES Semarang.
Prosiding Semarang Ok.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Makalah ini mengupas konsep pembelajaran bahasa asing menurut al-Qur’an dan kontekstualisasinya dalam pembelajaran bahasa Arab di era digital melalui tiga poin pembahasan: konsep pembelajaran bahasa asing menurut al-qur’an, pembelajaran bahasa asing di era digital, dan kontekstualisasi pembelajaran bahasa arab menurut al-Qur’an di era digital. Konsep pembelajaran bahasa asing dielaborasi melalui interpretasi linguistik pedagogik atas makna yang tersirat dalam surat al-Hujurat ayat 13 yang menekankan bahwa manusia di satu sisi diciptakan dengan bahasa yang berbeda-beda, namun di sisi lain dianjurkan untuk saling mengenal dan berinteraksi. Pembelajaran bahasa asing di era digital dielaborasi melalui konfersi diskriptif langkah-langkah pembelajaran di era digital ke dalam prinsip pembelajaran bahasa asing. Sementara konsep pembelajaran bahasa Arab di era digital menurut al-Qur’an dirumuskan melalui pemaduan antara konsep pembelajaran bahasa asing menurut al-Qur’an dan kecenderungan pembelajaran di era digital yang meliputi orientasi pembelajaran bahasa Arab, motivasi embelajarannya, tujuan pembelajarannya, materi pembelajarannya, metode dan model pembelajarannya, media pembelajarannya, serta evaluasi pembelajarannya.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Nasaruddin, Nasaruddin nasaruddin@uinsby.ac.id 2009097501 |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab; pembelajaran bahasa Arab; era digital; bahasa asing |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics |
Depositing User: | Dr. Nasaruddin, M.Ed |
Date Deposited: | 08 Apr 2023 08:43 |
Last Modified: | 08 Apr 2023 08:43 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3000 |