Arsitektur corporate university di perusahaan media: inovasi pemutakhiran program training and development

Faletehan, Aun Falestien (2018) Arsitektur corporate university di perusahaan media: inovasi pemutakhiran program training and development. In: Dinamika tata kelola industri media: Perspektif manajemen dan komunikasi. UIN Sunan Ampel Press, Surabaya, pp. 3-38. ISBN 978-602-332-086-8

[thumbnail of Aun Falestien Faletehan_booksection_Arsitektur corporate university di perusahaan media.pdf] Text
Aun Falestien Faletehan_booksection_Arsitektur corporate university di perusahaan media.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tidak dipungkiri lagi, media memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam tatanan masyarakat lokal, nasional dan internasional. Jim Morrison mengatakan dengan tegas bahwa “Siapa saja yang menguasai media, ia akan mengendalikan pikiran setiap orang.” Setelahnya, dalam skope yang lebih besar, Allen Ginsberg berpendapat serupa bahwa “Siapa saja yang menguasai media, ia akan mengendalikan budaya.” Dalam prakteknya, media memang terbukti bisa memengaruhi segala mindset, sikap dan perilaku masyarakat luas. Bahkan, ternyata jauh di era sebelum kedua tokoh pop kultur tersebut lahir, Adolf Hitler sudah memantik semua orang dengan statemennya yang berbau propaganda bahwa “Siapa saja yang menguasai media, ia akan menguasai dunia.” Melihat begitu pentingnya keberadaan media, maka mutlak diperlukan keahlian yang mumpuni terkait pemahaman dan implementasi media, mulai dari isu pengelolaan perusahaan media hingga tata cara berkomunikasi yang efektif melalui media. Siapapun tentu bisa menjadi penguasa media. Namun, harapan kita semua adalah agar penguasa media mestinya jatuh ke tangan warga negara yang baik dan beretika. Untuk konteks Indonesia, umat Islam harusnya memiliki andil yang besar dalam pengelolaan media di negara ini. Jika penguasa media mampu memberikan informasi yang positif dan konstruktif, maka warga sekitar akan bisa terpengaruhi dan menjadi komunitas yang beradab. Buku ini lahir untuk tujuan tersebut, sesederhana itu. Dengan mengambil spesifikasi dua sub-topik yaitu manajemen bisnis di korporasi media dan komunikasi bisnis di industri media, buku bunga rampai hasil tulisan dosen-dosen UIN Sunan Ampel Surabaya ini diharapkan bisa memberikan secercah cahaya untuk membantu kita semua dalam memahami kajian media, di saat ini dan di era mendatang yang tidak pernah menentu.

Item Type: Book Section
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Faletehan, Aun Falestien
aunff@yahoo.co.id
2014058201
Uncontrolled Keywords: Media; inovasi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Aun Falestien Faletehan
Date Deposited: 11 Apr 2023 06:31
Last Modified: 11 Apr 2023 06:31
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2969

Actions (login required)

View Item
View Item