Insersi kearifan lokal melalui kurikulum satuan pendidikan: pendampingan partisipatoris pada Guru PAI dan PPKn di Wilayah Komunitas Samin Bojonegoro

Sulanam, Sulanam and Huda, Muhammad Nuril (2022) Insersi kearifan lokal melalui kurikulum satuan pendidikan: pendampingan partisipatoris pada Guru PAI dan PPKn di Wilayah Komunitas Samin Bojonegoro. In: 3rd Annual Conference on Community Engagement, 20-22 Juli 2022, Banyuwangi, Indonesia.

[thumbnail of 1079-Article Text-2294-1-10-20230115.pdf] Text
1079-Article Text-2294-1-10-20230115.pdf

Download (434kB)

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang aksi pendampingan partisipatoris dalam menginternalisasi nilai lokal atau kearifan lokal. Secara teknis aksi ini dilakukan melalui insersi nilai lokal berupa pitutur luhur yang dipegang kuat oleh komunitas Samin secara turun temurun melalui satuan pendidikan setempat. Sebagai sebuah aksi partisipatoris, pendampingan komunitas ini menggunakan pendekatan participatory action research (PAR) karena dalam prosesnya melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Selain itu, metode ini dipakai agar hasil yang diperoleh benar-benar mencerminkan hasil bersama dan dapat dikelola bersama oleh komunitas. Pendampingan ini melihat bahwa proses yang dilakukan secara partisipatoris dapat menjaga keseimbangan antara berbagai pemangku kepentingan, dan hasil-hasil yang diperoleh juga dapat dipelihara bersama oleh komunitas dan oleh pemangku kepentingan lain. Pendampingan ini melihat bahwa proses insersi nilai merupakan bagian dari institusionalisasi nilai komunitas, yang dilakukan dengan cara menyisipkan nilai-nilai Samin melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam dan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
Creators
Email
NIDN
Sulanam, Sulanam
sulanam@uinsby.ac.id
UNSPECIFIED
Huda, Muhammad Nuril
nuril.huda@uinsby.ac.id
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Samin; kearifan lokal; pendidikan agama Islam; pendidikan kewarganegaraan; transformasi sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sulanam Sulanam
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:18
Last Modified: 10 Feb 2023 02:18
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2807

Actions (login required)

View Item
View Item