Huda, Muhammad Nuril (2013) Strategi Pemasaran Madrasah di Era Kompetisi Global. Jurnal Kependidikan Islam, 3 (2): 2. pp. 253-277. ISSN 2088-9305 / 2777-0532
M. Nuril Huda_Strategi pemasaran madrasah di era kompetisi global.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Salah satu dampak dari gencarnya arus globalisasi adalah munculnya kompetisi di segala bidang, termasuk didalamnya kompetisi di dunia pendidikan. Madrasah sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, secara tidak langsung memiliki posisi, peluang, dan tantangan yang sama untuk masuk dalam pergulatan kompetisi global. Selama ini keberadaan madrasah sering dianggap sebagai lembaga pendidikan pilihan kedua setelah sekolah. Kebanyakan masyarakat lebih menggantungkan harapan akan pendidkan anaknya melalui jalur sekolah. Ketidakmampuan madrasah dalam mengemas kualitas produk, dalam bentuk layanan pendidikan bagi para konsumen (pengguna jasa pendidikan), akan semakin meminggirkan posisi madrasah dari ruang kompetisi. Untuk itu, madrasah perlu didorong agar mampu membangun sistem pemasaran pendidikan secara efektif, sehingga dapat menjadi satuan pendidikan yang unggul dan kompetitif.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Huda, Muhammad Nuril real_bjn80@yahoo.com 2027068003 |
Contributors: | Contribution Name Email Author UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran; Madrasah; Kompetisi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel |
Depositing User: | Muhammad Nuril Huda |
Date Deposited: | 08 Dec 2020 01:10 |
Last Modified: | 18 Aug 2021 08:10 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/27 |