Mukhoiyaroh, Mukhoiyaroh (2022) Pendidikan Multikultural. [Teaching Resource] (Unpublished)
Mukhoiyaroh_Pendidikan Multikultural.pdf
Download (564kB)
Abstract
Di beberapa kota besar, banyak djumpai sekolah dengan siswa yang beragam. Keragaman baik dari segi suku atau etnis, bahasa, status ekonomi, status social, bahkan agama. Karena latar belakang yang berbeda tersebut tentu masing-masing siswa mempunyai pola pikir, cara pandang serta pola perilaku (termasuk makanan, cara berpakaian, perayaan-perayaan dan) yang berbeda dalam menafsirkan satu peristiwa atau pengetahuan. Keberagaman ini dapat menjadi modal serta menjadi sarana dalam pendidikan dengan lebih melihat siswa sebagai manusia utuh dengan segala yang melekat pada dirinya. Sebagai modal, keragaman budaya, etnik, ras, bahasa, agama yang ada pada siswa menjadi materi yang dapat dipahami oleh siswa dengan lain budaya. Sebagai sarana, bahwa keragaman yang melekat pada siswa dapat menjadi pendekatan dan materi dalam pembelajaran . Tujuan utamanya adalah siswa dengan beragam budaya mendapatkan perlakuan yang sama dalam pendidikan dan saling menghargai budaya yang lain, sehingga siswa dapat bergaul dengan terbuka dengan latar belakang teman yang berbeda.
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Mukhoiyaroh, Mukhoiyaroh mukhoiyarohfik@gmail.com 2009047302 |
Uncontrolled Keywords: | Keragaman Budaya; Etnik; Pendidikan Global |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ummi Rodliyah |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 02:58 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 02:58 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2684 |