Pengembangan model pemasaran layanan Uinsa Halal Center (UHC) untuk mendukung peningkatan pendapatan bisnis kampus

Putranto, Hanafi Adi (2019) Pengembangan model pemasaran layanan Uinsa Halal Center (UHC) untuk mendukung peningkatan pendapatan bisnis kampus. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 2 (2). pp. 91-102. ISSN 2685-4716

[thumbnail of Hanafi Adi Putranto_jurnal_Pengembangan Model Pemasaran Layanan Uinsa Halal Center.pdf] Text
Hanafi Adi Putranto_jurnal_Pengembangan Model Pemasaran Layanan Uinsa Halal Center.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (223kB)

Abstract

Fenomena produk halal dan disahkannya Undang-Undang terkait Jaminan Produk Halal menjadi tren industri halal. Dengan diterbitkannya regulasi tersebut, banyak perguruan tinggi yang mendirikannya untuk mengakomodir kepentingan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk pengembangan model pemasaran di UINSA Halal Center. Usaha yang dilakukan pengelola lembaga dengan pengembangan model pemasaran yang berafiliasi terkait produk layanan halal yang tersedia. Dari sisi pemasaran, perlu pengembangan model pemasaran yang inovatif untuk menyokong berjalannya proses bisnis tersebut. Pada penelitian ini pengembangan model pemasaran diketahui dari hasil pengumpulan data-data observasi yang terperinci. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh langsung dari wawancara. Hasil dari penelitian sebagai berikut: (1) Tersedianya peralatan, fasilitas dan sumber daya manusia yang dibutuhkan UINSA Halal Center. (2) Model pemasaran layanan UINSA Halal Center yang sesuai dalam mendukung peningkatan pendapatan kampus melalui; Pemasaran berbasis layanan kebutuhan pokok dan Pemasaran berbasis layanan bahan baku. (3) Kolaborasi bisnis menjadi role model antar lembaga/unit di UIN Sunan Ampel Surabaya untuk peningkatan pendapatan kampus.

Item Type: Article
Additional Information: http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/MANOVA/article/view/195
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Putranto, Hanafi Adi
hanafiadiputranto@uinsby.ac.id
2005098202
Uncontrolled Keywords: Marketing; model; halal
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1205 Urban and Regional Planning > 120503 Housing Markets, Development, Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis ISlam > Manajemen
Depositing User: S.Pd.I Abdun Nashir
Date Deposited: 06 Jul 2022 17:41
Last Modified: 06 Jul 2022 17:41
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2601

Actions (login required)

View Item
View Item