Balgies, Soffy (2018) Pengaruh kepribadian big 5 terhadap motivasi berprestasi siswa MTSN. PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 15 (2). pp. 34-42. ISSN 1829-5703 ; 2655-5034
Soffy Balgies_Pengaruh kepribadian big 5 terhadap motivasi berprestasi siswa MTSN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (242kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh trait dalam kepribadian big five terhadap motivasi berprestasi siswa MTsN. Jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah peserta didik cerdas istimewa di MTsN Bangkalan sebagai madrasah model pertama yang menerapkan pembelajaran model ini di Madura. Sampel penelitian adalah 73 siswa kelas 8 di kelas olimpiade, unggulan dan sistem kredit semester. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan skala pengukuran motivasi berprestasi dan kepribadian big five dan yang kemudian dianalisa dengan statistik regresi sederhana. Hasil menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara kepribadian extraversion dengan motivasi berprestasi, tidak adanya hubungan yang signifikan antara kepribadian oppeness dengan motivasi berprestasi, dan tidak adanya hubungan yang signifikan antara kepribadian agreableness dengan motivasi berprestasi. Selanjutnya ada hubungan negatif yang signifikan antara kepribadian neuroticism dengan motivasi berprestasi, dengan sumbangan 20%. Kemudian ada hubungan positif yang signifikan antara kepribadian conscientiousness dengan motivasi berprestasi dengan sumbangan 38%. Sisanya 42 % variebel lain yang mempengaruhi motivasi berprestasi. Hasil berimplikasi pada proses pembelajaran yang harus memperhatikan aspek kepribadian yang dapat meningkatkan motivasi berprestasi dalam menunjang hasil belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Balgies, Soffy sbalgies@yahoo.com 2022097604 |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi berprestasi; kepribadian big five; extraversion; openness; agreableness; neuroticism; conscientiousness |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel |
Depositing User: | Imroatul Mufidah |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 06:13 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 06:43 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/259 |