Pembinaan dan pelatihan guru madrasah dalam rangka peningkatan kompetensi pedagogik guru Matematika melalui penguasaan soal Hots (Higher Order Thinking Skills)

Hafiyussholeh, Moh. and Lubab, Ahmad (2020) Pembinaan dan pelatihan guru madrasah dalam rangka peningkatan kompetensi pedagogik guru Matematika melalui penguasaan soal Hots (Higher Order Thinking Skills). Project Report. LPPM UIN Sunan Ampel Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan Pengabdian Masyarakat HOTS akhir_Hafiyus Shaleh1.pdf] Text
Laporan Pengabdian Masyarakat HOTS akhir_Hafiyus Shaleh1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (5MB)

Abstract

Penerapan pembelajaran dengan menyertakan soal High Order Thinking Skills (HOTS) bukan hal yang mudah dilaksanakan oleh guru. Disamping guru harus benar-benar menguasai materi dan strategi pembelajaran, guru juga dihadapkan pada kondisi lingkungan, sarana prasarana dan intake siswa. High Order Thingking Skills merupakan kemampuan untuk menghubungkan, memanipulasi, dan mengubah pengetahuan serta pengalaman yang sudah dimiliki secara kritis dan kreatif dalam menentukan keputusan untuk menyelesaikan masalah pada situasi baru. Oleh karenanya perlu ada suatu kajian dan penelitian serta pendampingan Guru Madrasah dalam rangka peningkatan kompetensi pedagogik guru matematika melalui penguasaan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Pengabdian ini memiliki nilai urgensi yang sangat besar untuk pengembangan kelembagaan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia maupun untuk lembaga atau sekolah-sekolah dibawah Kementerian Agama khusunya di bawah lingkungan PC. LP. Maarif NU Kab. Lamongan. Hasil penelitian dan pendampingan menunjukkan kemampuan Guru-guru Madrasah dalam menyelesaikan soal-soal high order thinking skills (HOTS) mengalami peningkatan yang signifikan, Implementasi program peningkatakan kemampuan pedagogis guru pada soal-soal HOTS oleh prodi Matematika UIN Sunan Ampel Surabaya dilakukan melalui pemberian workshop/pelatihan dalam merancang dan menyelesaikan soal-soal high order thinking yang selanjutnya diberikan pendampingan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
Creators
Email
NIDN
Hafiyussholeh, Moh.
hafiyusholeh@gmail.com
UNSPECIFIED
Lubab, Ahmad
ahmadlubab@uinsby.ac.id
UNSPECIFIED
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ummi Rodliyah
Date Deposited: 29 Nov 2020 04:23
Last Modified: 27 Aug 2021 20:45
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item
View Item