Profesionalisme Dosen Luar Biasa (DLB) pada era milenial di UIN Sunan Ampel Surabaya: sebuah studi analisis konten

Yudha, Ana Toni Roby Candra (2020) Profesionalisme Dosen Luar Biasa (DLB) pada era milenial di UIN Sunan Ampel Surabaya: sebuah studi analisis konten. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 3 (1). pp. 77-86. ISSN 2685-4716

[thumbnail of Ana Toni Roby Candra Yudha_Profesionalisme Dosen Luar Biasa (DLB) pada era milenial di UIN Sunan Ampel Surabaya.pdf] Text
Ana Toni Roby Candra Yudha_Profesionalisme Dosen Luar Biasa (DLB) pada era milenial di UIN Sunan Ampel Surabaya.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (494kB)

Abstract

Dosen luar biasa (DLB) adalah dosen yang ritme kerjanya selalu menyesuaikan jam mengajar. Kinerja DLB tidak kalah penting kontributif dan efektif dengan dosen tetap lainnya dalam melakukan pekerjaannya, tentunya pekerjaan yang berkenaan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Apabila kinerja dalam komponen Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat konsisten dan produktif, maka hal tersebut akan nampak pada sikap profesionalismenya. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui profesionalisme DLB dengan menyelidiki unsur pemenuhan unsur-unsur profesionalisme DLB yang mengabdi di UIN Sunan Ampel Surabaya. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dan analisis konten. Sumber dan jenis data menggunakan data primer, sedangkan informan adalah DLB itu sendiri dan metode triangulasi sebagai metode yang perlu dilakukan selain wawancara mendalam guna mendapatkan data yang obyektif, akurat dan transparan. Hasil penelitian ini adalah profesionalisme dapat dilihat setidaknya dari lima kategori, yaitu kepemimpinan institusi, kompensasi finansial dan non finansial, komitmen pada institusi, etos kerja dan hasil kerja. Berdasarkan hasil wawancara dengan informan diperoleh hasil bahwa DLB memiliki penilaian cukup baik terhadap seluruh kategori yang ditanyakan, namun tidak sedikit pula mereka masih berharap atas perbaikan di sejumlah elemen sistem pengajaran seperti sarana, metode evaluasi belajar, pembayaran hak dan apresiasi atas kinerja DLB . Sedangkan saran yang bersesuaian dengan objek hasil studi tersebut adalah lebih banyak diperuntukkan bagi institusi, mengingat melihat kerja dan etos kerja DLB sudah maksimal seperti datang mengajar ontime, memberikan bahan ajar sesuai dokumen kurikulum, dan hal relevan lainnya. Saran untuk institusi lebih mengerucut pada dua hal yaitu perbaiki sarana pengajaran, serta tepatkan waktu saat pemberian hak pada DLB.

Item Type: Article
Additional Information: http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/MANOVA/article/view/247
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Yudha, Ana Toni Roby Candra
anatoniroby@uinsby.ac.id
2024018703
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme; Dosen Luar Biasa (DLB); era milenial
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis ISlam
Depositing User: Samidah Nurmayuni
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:29
Last Modified: 09 Jun 2022 03:29
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2492

Actions (login required)

View Item
View Item