Studi eksplorasi pembelajaran pendidikan IPA saat masa pandemi COVID-19 di UIN Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Yuanita and Ma’arif, Muh. and Fadhillah, Ninik and Inayah, Nailil and Ummah, Khoirotul and Siregar, Muh. Nuh Fathsyah and Amalyaningsih, Rela and Aftannailah, Fahira and Auliyah, Aisyatul (2020) Studi eksplorasi pembelajaran pendidikan IPA saat masa pandemi COVID-19 di UIN Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal of Science Learning, 1 (1). pp. 32-36. ISSN 2745-3480

[thumbnail of Yuanita Rachmawati_Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi COVID-19 Di UIN Sunan Ampel Surabaya.pdf] Text
Yuanita Rachmawati_Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi COVID-19 Di UIN Sunan Ampel Surabaya.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (232kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 telah merubah tatanan hidup sebagian besar penduduk dunia, termasuk dalam dunia Pendidikan. Problematika pun muncul satu persatu sejalan dengan peralihan metode pembelajaran Universitas secara offline/tatap muka ke online/melalui jaringan internet. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam juga memiliki masalah yang rumit saat materi yang seharusnya disampaikan dengan penuh perhatian pada pemodelan dan praktikum, harus di switch dengan metode tanpa tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi apa saja yang dirasakan mahasiswa selama pembelajaran daring ini dilakukan. Penelitian deskriptif kualitatif dilakukan pada 40 responden mahasiswa Pendidikan IPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Hasil menunjukkan bahwa pada aspek Kelancaran Pelaksanaan Pembelajaran 52,5% mahasiswa berpendapat Jumlah Pertemuan dan Kesesuaian Materi dengan Silabus Baik, sesuai dengan yang diharapkan. 37,5% Sistem Perkuliahan yang menggunakan Platform Daring atau Online berjalan baik namun 30% berpendapat tidak sesuai dengan yang diharapkan. Cara Penyampaian Dosen cukup sesuai dengan yang diharapkan berkaitan dengan penguasaan materi dan penguasaan penggunaan Platform Online oleh dosen, aspek ini mendapatkan penilaian 52,5% dari mahasiswa. Penugasan selama pembelajaran online ini dilakukan dirasa cukup memberatkan mahasiswa terbukti pada 30% mahasiwa menyatakan aspek ini tidak sesuai dengan yang diharapkan. Sementara aspek paling memberatkan dilakukan pembelajaran online salama pandemi COVID-19 ini adalah masalah jaringan yang berkaitan dengan Sinyal dan Kuota Paket Data. 40% mahasiswa meyatakan bahwa aspek ini dirasa tidak sesuai dengan yang diharapkan dan memberatkan. Whats App Group adalah Platform Online yang paling diminati mahasiswa, sementara Zoom bukan menjadi pilihan prioritas.

Item Type: Article
Additional Information: https://doi.org/10.15642/ijsl.v1i1.633
Creators:
Creators
Email
NIDN
Rachmawati, Yuanita
yuanitarhartono@gmail.com
2019088803
Ma’arif, Muh.
-
-
Fadhillah, Ninik
ninikfadhillah@uinsby.ac.id
-
Inayah, Nailil
nailil.inayah@uinsby.com
2020068902
Ummah, Khoirotul
ummah3005@gmail.com
2030059104
Siregar, Muh. Nuh Fathsyah
-
-
Amalyaningsih, Rela
-
-
Aftannailah, Fahira
-
-
Auliyah, Aisyatul
-
-
Uncontrolled Keywords: Eksplorasi pembelajaran; pembelajaran saat pandemi COVID-19; pendidikan IPA
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0604 Genetics > 060411 Population, Ecological and Evolutionary Genetics
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Samidah Nurmayuni
Date Deposited: 24 Mar 2022 04:25
Last Modified: 24 Mar 2022 04:25
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2235

Actions (login required)

View Item
View Item