Suyudi, M. (2014) Rancang bangun pendidikan Islam dalam perbincangan normatif, filosofis, dan historis. Belukar, Yogyakarta. ISBN 978-979-3494-49-4
M. Suyudi_Rancang Bangun Pendidikan Islam.pdf
Download (26MB)
Abstract
Karya ini berupaya menelusuri konsep pendidikan dalam perspektif al-Qur'an yang mendasar diharapkan menghasilkan sebuah konstruksi paradigma pendidikan Islam yang sesuai dengan tantangan zaman. Pembahasan dalam buku ini dibagi ke dalam beberapa bab, yaitu bab pertama, membabas manusia dan pendidikan dalam bingkai normatif, yang terdi.ri dari term manusia dalam al-Qur'an, penciptaan manusia, tabiat manusia, manusia sempurna, potensi manusia, definisi pendidikan, sumber dan dasar pendidikan Islam, tujuan dan metode pendidikan Islam serta ushlub pendidikan dalam al-Qur'an. Bab kedua menguraikan tentang basis filosofis pendidikan Islam, yang mencakup ontologi pendidikan, objek kajian ontologi, ontologi pendidikan Islam dalam perspektif teori pendidikan, epistemologi pendidikan, dan aksiologi pendidikan Islam. Bab ketiga menguraikan review dan kajian historis pendidikan Islam yang terdiri dari tiga periode, yaitu periode klasik, pertengaban dan akhir, Bab keempat rekonstruksi pendidikan Islam yang mencakup tipologi pendekatan filosofis pendidikan. Bab kelima penurup yang berisi beberapa kesimpulan.
Item Type: | Book |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Suyudi, M. -- UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Rancang bangun pendidikan Islam |
Subjects: | 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120109 Architecture of Building for Religious and Related Purposes > 12010902 Islamic Centre |
Depositing User: | Abdun Nashir |
Date Deposited: | 18 Nov 2020 08:21 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 14:28 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/22 |