Mudjiono, Yoyon (2020) Kajian semiotika dalam film. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1 (1). pp. 125-138. ISSN 2088-981X; 2723-2557
Yoyon Mudjiono_Kajian Semiotika dalam Film.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (148kB)
Abstract
Film memiliki nilai seni tersendiri, karena film tercipta sebagai sebuah karya dari tenaga-tenaga kreatif yang profesional di bidangnya. Film sebagai benda seni sebaiknya dinilai dengan secara artistik bukan rasional. Studi perfilman boleh dikatakan bidang studi yang relatif baru dan tidak sebanding dengan proses evolusi teknologinya. Semiotika merupakan suatu studi ilmu atau metode analisis untuk mengkaji tanda dalam suatu konteks skenario, gambar, teks, dan adegan di film menjadi sesuatu yang dapat dimaknai. Memaknai berarti bahwa obyek-obyek tidak hanya membawa informasi, dalam hal ini obyek-obyek itu hendak berkomunikasi, tetapi juga mengkonstitusi sistem terstruktur dari tanda yang digunakan dalam film tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Mudjiono, Yoyon UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Semiotika; film |
Subjects: | 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190201 Cinema Studies 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190204 Film and Television 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel |
Depositing User: | Amira Oribia Wanda Sasmita |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 04:11 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 06:38 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/216 |