Hanifah, Umi (2018) Peningkatan profesionalisme mahasiswa calon guru bahasa Arab dalam menyusun dan mengembangkan RPP melalui mata kuliah Pengembangan Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya: analisis proses pembelajaran pada mata kuliah Perencanaan Pembelajaran. Project Report. LPPM UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.
Umi Hanifah_Lpenelitian_Peningkatan profesionalisme mahasiswa calon guru bahasa Arab.pdf
Download (2MB)
Abstract
Dalam penelitian ini, penulis mengkaji tentang profesionalisme mahasiswa calon guru bahasa Arab dalam menyusun dan mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui mata kuliah Pengembangan Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran di Prodi PBA FTK UIN Sunan Ampel. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan mahasiswa calon guru dalam menyusun dan mengembangkan RPP melalui penerapan model pembelajaran berbasis portofolio dan mendeskripsikan problematika yang dihadapi mahasiswa calon guru dalam menyusun dan mengembangkan RPP serta solusinya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif survai. Sampel penelitian sebesar 30 sampel dari mahasiswa semester V Program Studi PBA FTK UIN Sunan Ampel. Untuk pengumpulan data digunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif non statistik untuk data yang non angka dari hasil wawancara dan observasi dan analisis statistik deskriptif dengan mencari persentase dari hasil data jawaban angket. Hasil penelitian menunjukkan Bahwa perkuliahan Pengembangan Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis portofolio di Prodi PBA FTK UIN Sunan Ampel Surabaya dapat meningkatkan profesionalisme mahasiswa calon guru Bahasa Arab dalam menyusun dan mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Karena dengan model pembelajaran tersebut mahasiswa langsung praktek menyusun RPP dan mengumpulkannya dalam bentuk portofolio. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan hasil penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) karya mahasiswa yang dilakukan dengan cara membandingkan peningkatan nilai antara sebelum RPP dipresentasikan, dikritisi dan dinilai antar teman dengan menggunakan instrument penilaian RPP dan setelahnya dengan hasil: Sebelum dipresentasikan dan dikoreksi bersama dengan instrument validasi RPP, (26.6%) mahasiswa membutuhkan pembimbingan dalam menyusun dan mengembangkan RPP, (40%) mahasiswa, RPP-nya dapat digunakan sebagai contoh bagi mahasiswa lain tetapi dengan perbaikan pada bagian-bagian tertentu, dan (33,3%) mahasiswa, RPP-nya dapat digunakan sebagai contoh bagi mahasiswa lain, sedangkan setelah RPP dipresentasikan dan dikoreksi bersama dengan instrument penilaian RPP, hasilnya menjadi (10%) mahasiswa membutuhkan pembimbingan dalam menyusun dan mengembangkan RPP, (16,6%) mahasiswa, RPP hasil karya-nya dapat digunakan sebagai contoh bagi mahasiswa lain tetapi dengan perbaikan pada bagian-bagian tertentu, dan (73,3%) mahasiswa, RPP-nya dapat digunakan sebagai contoh bagi mahasiswa lain. Sedangkan tingkat problematika yang dihadapi mahasiswa dalam menyusun dan mengembangkan RPP rendah sehingga mudah diselesaikan dengan memberikan latihan yang berulang-ulang serta bimbingan intensif dari dosen dan tutor sebaya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Hanifah, Umi umihanifah@uinsby.ac.id 2028097802 |
Uncontrolled Keywords: | Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran; peningkatan profesionalisme; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Dr. M.Pd.I Umi Hanifah |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 07:44 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 07:44 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2159 |