Huda, Sholihul and Nurdin, Ali (2011) Komparasi perang profil tiga kandidat presiden pada pemilu 2009 (analisis wacana pada harian Kompas). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1 (1). pp. 36-67. ISSN 2088-981X
Ali Nurdin_Komparasi Perang Profil....pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (263kB)
Abstract
Pemilihan presiden (pemilu) pada tahun 2009 oleh harian Kompasdijadikan lahan dalam memperkaya citra dalam pemberitaan,Kompasmampu menghadirkan profil kandidat presiden sebagai saranamenyebarkan ideologinya.Penelitian ini membahas tentang peran Kompas dalam meramaikan demokratisasi di Indonesia. Kompas ternyata bukansekedar memberitakan (merepresentasikan) peristiwa dan para elit politikdalam pemilihan presiden saja. Ada kecenderungan Kompas melakukan konstruksi realitas atas peristiwa dan kandidat presiden yang terlibat dalamsebuah pemilihan presiden.Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana model Teun A.Van Dijk. Penelitian ini mencoba untuk mengungkap makna dibalik tabirteks yang dikonstruksi oleh Harian Kompas. Kandidat presiden yang akanbertarung pada pemilihan presiden pada tanggal 8 Juli 2009 adalahMegawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yodhoyono,dan Moh. Jusuf Kalla.Dari hasil deskripsi, diketahui banyak temuan yang menyatakan bahwa,keberpihakan Kompas dalam memberitakan profil SBY sangat kelihatan.Tulisan mengarah kepada penjatuhan citra kandidat presiden Megawati,melaluitrack recordyang negatif. Begitu pula dengan kandidat presiden JKyang mempunyai julukanthe real president, tidak mampu mengalahkankehebatan SBY. Wartawan tidak sedikitpun membandingkan kepintaran JKdalam memimpin dengan kandidat SBY.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Huda, Sholihul UNSPECIFIED UNSPECIFIED Nurdin, Ali ali.nurdin@uinsby.ac.id UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Komparasi profil; perang profil; profil presiden; tiga kandidat presiden; pemilu 2009 |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel |
Depositing User: | Amira Oribia Wanda Sasmita |
Date Deposited: | 08 Dec 2021 06:34 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 03:40 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1876 |