Kumalasari, Mei Lina Fitri and Lusiana, Nova and Kusumawati, Estri and Suprayogi, Dedy and Hadi, Moch. Irfan (2020) Optimalisasi pengetahuan tentang menstruasi pada siswa putri kelas 5 dan 6 SDN Janti 1 Waru Sidoarjo dengan pendekatan PAR. NJCE: Nusantara Journal of Community Engagement, 1 (1). pp. 29-35. ISSN 2722-2411
Estri Kusumawati_Analysis of the moringa oleifera seed oil extract.pdf - Published Version
Download (749kB)
Abstract
Anak perempuan yang mengalami menarche (menstruasi pertama) pada usia yang muda merasa belum siap untuk menghadapi menstruasi pertamanya sehingga dapat menimbulkan dampak takut, bingung, minder, merasa tidak normal dan panik. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk optimalisasi pengetahuan tentang menstruasi pada siswa putri kelas 5 dan 6 di SDN Janti 1. Metode kegiatan yang dilakukan adalah dengan pendekatan PAR. Didapatkan hasil bahwa dari 89 siswa putri, terdapat 40 siswa putri (44,94%) yang sudah mendapatkan menstruasi. Siswa putri tersebut mengalami menarche pada usia 10 sampai dengan 12 tahun. Terdapat 22 siswa putri (55%) yang mengalami dismenorea dan belum mengetahui apa yang harus dilakukan apabila mengalami keluhan tersebut. Materi diberikan dengan media powerpoint dan video. Siswa putri kelas 5 dan 6 SDN Janti 1 aktif dalam kegiatan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan dan saling berbagi pengalaman.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Kumalasari, Mei Lina Fitri meilina_fitri@uinsby.ac.id 2018058801 Lusiana, Nova novalusiana@uinsby.ac.id 0402118102 Kusumawati, Estri estri.kusumawati@uinsby.ac.id 0604088701 Suprayogi, Dedy dsuprayogi@uinsby.ac.id 0711125102 Hadi, Moch. Irfan m_i_h@uinsby.ac.id 0824048601 |
Uncontrolled Keywords: | Menstruasi; pengetahuan; pendidikan kesehatan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel |
Depositing User: | desiana ekasari |
Date Deposited: | 12 Nov 2021 07:07 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 03:14 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1755 |