Desain prototype sistem informasi hafalan Al Quran berbasis perspektif HCI

Rolliawati, Dwi and Qomary, Laily Nur and Millah, Aslichatul (2017) Desain prototype sistem informasi hafalan Al Quran berbasis perspektif HCI. SYSTEMIC : Information System and Informatics Journal, 3 (1). pp. 9-14. ISSN 2460-8092; 2548-6551

[thumbnail of Dwi Rolliawati_jurnal_Desain Prototype Sistem Informasi Hafalan Al Quran.pdf] Text
Dwi Rolliawati_jurnal_Desain Prototype Sistem Informasi Hafalan Al Quran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (963kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk prototipe berbasis IT yang bisa mempermudah dan meningkatkan produktivitas proses bisnis yang ada di UPTQ (Unit Pengembangan Tahfidzul Quran) berupa sistem informasi hafalan Al-Quran dengan perspektif HCI (Human Computer Interaction). Metode penelitian menggunakan Research and Developmen (R&D) level 1 dengan metode pengembangan perangkat lunak berbasis prototipe. Pengembangan prototipe Sistem Informasi Hafalan Al-Quran diuji melalui 2 (dua) metode, metode Heuristic Evaluation untuk pengujian desain interface dan ISO 9241-1 untuk pengujian aspek usability. Hasil pengujian tingkat efektifitas dari sistem “Baik“ yaitu sebesar 82,1%. Hasil pengujian tingkat efisiensi tergolong “Baik“ yaitu sebesar 81,87% dan tingkat kepuasan terhadap sistem “Cukup Baik“ yaitu sebesar 78,9%. Diperoleh hasil uji kelayakan aspek usability dari sistem sebesar 80,22% dan dinyatakan layak untuk digunakan/diimplementasikan di UPTQ UIN Sunan Ampel Surabaya.

Item Type: Article
Additional Information: http://jurnalsaintek.uinsby.ac.id/index.php/SYSTEMIC/article/view/189
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Rolliawati, Dwi
dwi-roll@uinsby.ac.id
2027097901
Qomary, Laily Nur
lailynurqomary@gmail.com
-
Millah, Aslichatul
azzaalmillah@gmail.com
-
Uncontrolled Keywords: HCI; heuristic evaluation; usability; ISO 9241-1; UPTQ
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021405 Bina' al-Manhaj (Curriculum Design)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Prodi Sistem Infomasi
Depositing User: Abdun Nashir
Date Deposited: 12 Nov 2021 03:11
Last Modified: 12 Nov 2021 03:11
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1753

Actions (login required)

View Item
View Item