Ali, Mukti and Wahidatul M, Nurul and Ayu, Wilis and sholihah, Ni'matus (2019) Manajemen Pelayanan Haji dan Umroh di Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN ISLAM, 1 (1). pp. 43-56. ISSN 2776-2017; 2776-2424
Mukti Ali_Manajemen Pelayanan Haji dan Umroh.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (469kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsian tentang manajemen pelayanan haji dan umroh di kementerian agama kabupaten Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan yaitu pengelola bagian penyelenggaraan haji dan umroh dan petugas PHU. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagian penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto memiliki sebuah pelayanan yang dapat memudahkan jama'ah untuk melakukan pendaftaran yakni pelayanan satu atap yang berdiri pada tahun 2016 Pada awalnya, fungsi secara umum dari pelayanan haji dan umrah adalah untuk meningkatkan pelayanan dan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah. Setelah dilakukan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya manajemen pelayanan haji dan umroh, kegiatan atau aktivitas dalam layanan bisa terkoordinir atau terstruktur dengan baik, sehingga calon jamaah haji dan umroh merasa nyaman.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JAPI/article/view/765 |
Creators: | Creators Email NIDN Ali, Mukti - - Wahidatul M, Nurul - - Ayu, Wilis - - sholihah, Ni'matus nickssholihah@yahoo.com 2002087303 |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; pelayanan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Abdun Nashir |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 15:38 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 15:38 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1652 |