Anshori, Isa (2003) Perubahan fungsi pondok pesantren dalam pengembangan Budaya Nasional. Perubahan Fungsi Pondok Pesantren Dalam Pengembangan Budaya Nasional, 2 (1). pp. 67-81. ISSN 1412-9302
Isa Anshori_Perubahan Fungsi Pondok Pesantren dalam Pengembangan Budaya Nasional_opt.pdf
Download (6MB)
Abstract
Sejarah telah membuktikan, bahwa pesantren memiliki peran signifikan dalam proses pembentukan budaya bangsa, termasuk sektor pendidikan. Pesantren tidak hanya mengambil peran budaya lokal, tetapi juga budaya nasional. Telah terjadi perubahan-perubahan fungsi pondok pesantren dalam kerangka pengembangan kebudayaan nasional. Pondok pesantren yang semula hanya berfungsi sebagai pusat pengembangan budaya yang bernafaskan tasawuf bersekala kecil dan lokal, berubah menjadi sentral pengembangan budaya bersekala besar, nasional, bahkan global. Di kalangan kiai juga terjadi perubahan, dari figur kiai yang pengasah dan pengasuh santri di pondok pesantren menjadi kiai agung, politisi, dan birorat yang terkadang ada kesan tugas kekiyaiannya terabaikan. Perubahan fungsi pondok pesantren tersebut dikarenakan banyak hal. Diantaranya adalah perubahan orientasi dunia pesantren dari kebijkan kiai sebagai penguasa tuggal pesantren (powership) menjadi pemimpin, berubahnya cita-ita ideal para pengasuh dan para santri, adanya kepentingan pengurus pesantren dan pemerintah terhadap pesantren, serta semakin besarnya pengaruh perkembangan peradaban dunia yang dinafasi oleh science dan teknologi.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email NIDN Anshori, Isa isaanshori67@gmail.com 2006056701 |
Uncontrolled Keywords: | Pondok Pesantren; Budaya Nasional |
Subjects: | 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120110 Architecture of Building for Educational and Research Purposes > 12011007 Pesantren (Islamic Boarding School) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Abdun Nashir |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 09:00 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 09:00 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1590 |