تعليم اللغة العربية في إندونيسيا بين التطورات الواعدة والمشكلات القائمة

Nasaruddin, Nasaruddin (2009) تعليم اللغة العربية في إندونيسيا بين التطورات الواعدة والمشكلات القائمة. Al Manar, 1 (1). pp. 51-64. ISSN 2086-4841

[thumbnail of Nasaruddin_تعليم اللغة العربية في إندونيسيا بين التطورات الواعدة والمشكلات القائمة.pdf] Text
Nasaruddin_تعليم اللغة العربية في إندونيسيا بين التطورات الواعدة والمشكلات القائمة.pdf

Download (3MB)

Abstract

Makalah ini menyoroti perkembangan dunia pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia dengan memaparkan secara deskriptif keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai dan masalah-masalah yang masih dihadapi. Secara umum, pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia mendapat respon yang sangat positif dan meluas di kalangan masyarakat, akan tetapi pada waktu yang bersamaan pembelajaran Bahasa Arab tampak belum maksimal dan masih menghadapi banyak persoalan. Respon positif tersebut tidak lepas dari keberadaan bahasa Arab sebagai bahasa Agama yang menyebar beriringan dengan tersebarnya agama Islam di Indonesia, sehingga pembelajarannya pun mendapat perhatian serta mengalami perkembangan yang signifikan dari berbagai aspek. Namun di sisi lain, dunia pembelajaran bahasa Arab juga masih menyisakan banyak kendala dan persoalan, terutama dari sisi kurikulum, managemen, dan sumber daya manusia. Dari sisi kurikulum pembelajaran Bahasa Arab belum diarahkan kepada standar-standar skill yang komunikatif, juga belum didukung oleh materi, metode, media, serta sistem evaluasi pembelajaran yang modern. Sementara dari sisi managemen dan sumber daya manusia, pembelajaran Bahasa Arab belum dikelola dengan managemen pembelajaran yang baik dan belum didukung oleh sumber daya manusia, terutama guru, yang berkualitas terutama dari aspek integritas keilmuan dan profesionalitas

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined]
Nasaruddin, Nasaruddin
nasaruddin@uinsby.ac.id
2009097501
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab; Perkembangan; Persoalan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 al-Lughah al-'Arabiyyah li Aghradh al-Khash (Arabic for Specific Purposes)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Abdun Nashir
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:01
Last Modified: 18 Oct 2021 06:01
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1547

Actions (login required)

View Item
View Item