Nasaruddin, Nasaruddin (2010) تدريس النحو علي أساس التقابل اللغوي: تدريس الأفعال المتعدية بحرف درسا نموذجيا. Lisania Jurnal Ilmu dan Pendidikan Bahasa Arab, 1 (2). pp. 261-298. ISSN 2086-9304
Nasaruddin_تدريس النحو علي أساس التقابل اللغوي تدريس الأفعال المتعدية بحرف درسا نموذجيا.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia yang berorientasi pada penguasaan nahwu terbukti tidak efektif. paling tidak dari dua sisi: materi dan metode pembelajaran. Dari sisi materi, pelajaran nahwu yang diajarkan terlalu banyak dan tidak memiliki skala prioritas. Hal ini karena yang dijadikan acuan utama adalah buku-buku nahwu dan bukan buku-buku pembelajaran nahwu. Juga karena pemilihan materi tidak didasarkan pada studi prioritas baik atas dasar pertimbangan linguistik maupun kebutuhan pembelajaran. Sementara dari sisi metode, pembelajaran nahwu umumnya terlalu teoritis dan tidak berorientasi pada aplikasi. Akibatnya, pembelajaran lebih mengarah pada penguasaan teori-teori nahwu dan bukan pada aplikasinya dalam berbahasa Arab. Pembelajaran nahwu berbasis studi kontrastif bisa menjadi solusi atas persoalan ini. Karena dengan mengacu pada hasil kontrastif antara nahwu bahasa Arab dan tata bahasa Indonesia, pembelajaran nahwu akan terarah, memiliki prioritas dan aksentuasi yang jelas, serta berlangsung lebih efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Creators: | Creators Email ["eprint_fieldname_creators_NIDN" not defined] Nasaruddin, Nasaruddin nasaruddin@uinsby.ac.id 2009097501 |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab; nahwu; studi kontrastif. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 al-Lughah al-'Arabiyyah li Aghradh al-Khash (Arabic for Specific Purposes) |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab |
Depositing User: | Abdun Nashir |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 08:31 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 08:31 |
URI: | http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1526 |